Bagaimana Strategi Marketing Competition yg Baik (Bersaing dlm Bisnis)
5 posters
Halaman 1 dari 1
Bagaimana Strategi Marketing Competition yg Baik (Bersaing dlm Bisnis)
Assalammualaikum WrWb..
(ini merupakan beberapa catatan saya di website saya,semoga berguna, dan saya melihat salah satu saudara kita PAPAJi yg menerapkan sistem marketing ini adlah Mas Hendro: mau barang bagus g perlu keluarin uang banyak,,,Sistem ini sudah saya terapkan di perusahaan properti saya PT. Bina Graha Persada www.grahapersada.com Alhamdulillah belum setahun kami berdiri tpi telah banyak kerjaan yg masuk, client yg puas hingga brsedia mberikan testimoni di Harian Serambi tentang kualitas dan kepercayaannya (harian yg trkenal di Aceh) )
Bismillahirrahmanirrahim..
Semua ini terdedikasi tentunya untk diriku agar Allah smakin mridhoiku, mnjadi hamba yg tau mensyukuri NiikmatNya.... Dan smga brmanfaat bagi kita semua demi mendekatkan diri pd Allah Rabb yg satu.. Segala salawat beriring salam pd Rasul Muhammad SAW, dan para sahabat, dan umat yg mengikuti ajarannya.....
Bagaimana strategi kompetisi bisnis yg di ajarkan Allah…
Dalam dunia bisnis tentu kompetisi memainkan peranan penting dari lajunya perusahaan, apakah kita siap untuk berkompetisi atau tidak..Nah kebanyakan orang menganggap kompetisi adalah hal yg erat kaitannya dengan: fitnah menjelek2an saingan, merahasiakan ilmu, sikut kiri kanan, sabotase produk, etc.. semua ini adalah kompetisi yg ingin diciptakan oleh kalangan kapitalis dengan menghalalkan segala cara untuk menggapai tujuan dan mengalahkan saingannya.. Hal ini banyak menimbulkan sosok pribadi perorangan yg berjiwa kerdil dengan melakukan hal2 tersebut..
Dalam Islam Allah mengajari kita sebagai berikut:
"Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS 2: 148).
Kompetitor atau saingan atau persaingan secara positifnya adalah suatu hal yg sangat di butuhkan dalam dunia bisnis agar produk2 pasar tdak mati pada satu jenis produk saja tapi terus berlomba dalam memunculkan produk baru yg jauh lebih bagus dari produk sebelumnya..
Inilah yg diajarkan Islam kepada kita, agar kita terus mengupgrade diri utk trus berlomba kepada kebaikan. Semakin ketat persaingan maka semakin bagus produk yg dikeluarkan dibanding dengan produk yg dikeluarkan tanpa pesaing.. Maka layaknya kita membina pasar persaingan tersebut agar terus bergerak semakin ketat hingga mampu menghasilkan produk yg jauh lebih bagus..
Untuk menciptakan persaingan tersebut maka bisa dilakukan dengan terus mengajarkan ilmu kita, atau bagaimana produk kita mampu dihasilkan sehingga ketika ilmu itu trelah di ajarkan maka kita akan lebih berpikir kreatif bagaimana cara mencari ilmu lainnya dengan membuat produk lain yg lebih bagus lagi karena jika kita hanya berdiam diri maka kita akan tertinggal dari pesaing2 lain.
Lihatlah bagaimana sosok Umar ibn Khathab ra dan Abu Bakar ra yg bersaing:
Dalam perang Tabuk, Rasulullah SAW menganjurkan para sahabat utk brsedekah dan berinfak maka para sahabat pun berlomba2 utk berinfak. Umar ra yg selalu dikalahkan oleh Abu Bakar ra dalam banyak hal kebaikan hari itu berkata: Pada hari ini aku akan mengalahkan Abu Bakar.. maka beliau pun bergegas membawa setengah dari hartanya. Rasul Bertanya: apa yg kamu tinggalkan untuk keluargamu nanti? Umar: masih ada sejumlah itu juga..
Kemudian Abu Bakarpun datang membawa seluruh hartanya, dan Rasul pun bertanya hal yg sama, Abu Bakar pun menjawab : Aku tinggalkan Allah dan RasulNya untuk mereka…Mendengar jawaban seperti itu Umarpun berkata: Aku tidak mau lagi berlomba dengan mu..
Nah dari kisah tersebut dan Firman Allah dalm Al-Qur’an kita bias memahami, bahwa persaingan dalam bisnis itu tertu pda:
- Terus mengajarkan ilmunya kpada yg lain hingga mampu mnjadi pesaingnya nantinya
- Terus belajar dan mencari inovasi 2 terbaru dalam menghasilkan produk2 yg jauh lebih berbobot dari sebelumnya
- Terus mengetatkan pasar persaingan hingga mampu memicu dirinya untuk bias berpikir lebih keras dan menghasilkan produk2 dengan kualitas baru meninggalkan pesaingnya
- Tidak terus merasa puas ketika telah berada di atas, tpi terus bekerja utk mengupgrade diri
Persaingan tentunya membutuhkan karakter2 yg mempunyai kreatifitas yg terus bergerak hingga mampu menghasilkan inovasi baru. Seorang pebisnis yg bijak tentunya dia akan terus mengajarkan ilmunya di samping di sisi yg lain dia terus mengupgrade dirrinya untuk mencapai level yg lebih tinggi.Persaingan bukanlah tempat untuk mereka yg trus merasa puas dan tidak lagi ingin mngupgrade diri karena merasa sdah di atas, ataupun sosok pasif yg hanya berdiam diri di saat mereka yg lain trus membenahi diri...
Anda tentu masih ingat produk motor : Honda astrea yg dikeluarkan tahun 90an, saking terkenalnya salah satu artis pun di juluki dgn nama motor tersebut, nah jika perusahaan Honda terus merasa puas dgan produknya saat itu dan merasa tdk perlu mengupgrade produk dan perusahaannya, maka mungkin sekarang kita tdak akan mendengar lagi merek motor Honda,karena tlah muncul2 pesaing2 baru Yamaha dengan scorpion nya, atau Suzuki dengan satria nya, dan lagi banyak motor yg tlah menggunakan system injection.. Nah tetapi Honda terus mengupgrade perusahaannnya hingga mampu menjadi pesaing tangguh hingga sekarang..
Buatlah para pesaing anda kalah dalm bersaing dgn anda bukan karena modal atau image perusahaan tetapi dgn kreatifitas anda dan perusahaan anda yg terus bergerak maju dgn menelurkan produk2 baru dan berkualitas, hingga mereka merasa lelah untuk bersaing dengan anda..
Jazakumullah..
Written by:
Poetra Andarint
Banda Aceh. Maret 11, 2010
(ini merupakan beberapa catatan saya di website saya,semoga berguna, dan saya melihat salah satu saudara kita PAPAJi yg menerapkan sistem marketing ini adlah Mas Hendro: mau barang bagus g perlu keluarin uang banyak,,,Sistem ini sudah saya terapkan di perusahaan properti saya PT. Bina Graha Persada www.grahapersada.com Alhamdulillah belum setahun kami berdiri tpi telah banyak kerjaan yg masuk, client yg puas hingga brsedia mberikan testimoni di Harian Serambi tentang kualitas dan kepercayaannya (harian yg trkenal di Aceh) )
Bismillahirrahmanirrahim..
Semua ini terdedikasi tentunya untk diriku agar Allah smakin mridhoiku, mnjadi hamba yg tau mensyukuri NiikmatNya.... Dan smga brmanfaat bagi kita semua demi mendekatkan diri pd Allah Rabb yg satu.. Segala salawat beriring salam pd Rasul Muhammad SAW, dan para sahabat, dan umat yg mengikuti ajarannya.....
Bagaimana strategi kompetisi bisnis yg di ajarkan Allah…
Dalam dunia bisnis tentu kompetisi memainkan peranan penting dari lajunya perusahaan, apakah kita siap untuk berkompetisi atau tidak..Nah kebanyakan orang menganggap kompetisi adalah hal yg erat kaitannya dengan: fitnah menjelek2an saingan, merahasiakan ilmu, sikut kiri kanan, sabotase produk, etc.. semua ini adalah kompetisi yg ingin diciptakan oleh kalangan kapitalis dengan menghalalkan segala cara untuk menggapai tujuan dan mengalahkan saingannya.. Hal ini banyak menimbulkan sosok pribadi perorangan yg berjiwa kerdil dengan melakukan hal2 tersebut..
Dalam Islam Allah mengajari kita sebagai berikut:
"Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS 2: 148).
Kompetitor atau saingan atau persaingan secara positifnya adalah suatu hal yg sangat di butuhkan dalam dunia bisnis agar produk2 pasar tdak mati pada satu jenis produk saja tapi terus berlomba dalam memunculkan produk baru yg jauh lebih bagus dari produk sebelumnya..
Inilah yg diajarkan Islam kepada kita, agar kita terus mengupgrade diri utk trus berlomba kepada kebaikan. Semakin ketat persaingan maka semakin bagus produk yg dikeluarkan dibanding dengan produk yg dikeluarkan tanpa pesaing.. Maka layaknya kita membina pasar persaingan tersebut agar terus bergerak semakin ketat hingga mampu menghasilkan produk yg jauh lebih bagus..
Untuk menciptakan persaingan tersebut maka bisa dilakukan dengan terus mengajarkan ilmu kita, atau bagaimana produk kita mampu dihasilkan sehingga ketika ilmu itu trelah di ajarkan maka kita akan lebih berpikir kreatif bagaimana cara mencari ilmu lainnya dengan membuat produk lain yg lebih bagus lagi karena jika kita hanya berdiam diri maka kita akan tertinggal dari pesaing2 lain.
Lihatlah bagaimana sosok Umar ibn Khathab ra dan Abu Bakar ra yg bersaing:
Dalam perang Tabuk, Rasulullah SAW menganjurkan para sahabat utk brsedekah dan berinfak maka para sahabat pun berlomba2 utk berinfak. Umar ra yg selalu dikalahkan oleh Abu Bakar ra dalam banyak hal kebaikan hari itu berkata: Pada hari ini aku akan mengalahkan Abu Bakar.. maka beliau pun bergegas membawa setengah dari hartanya. Rasul Bertanya: apa yg kamu tinggalkan untuk keluargamu nanti? Umar: masih ada sejumlah itu juga..
Kemudian Abu Bakarpun datang membawa seluruh hartanya, dan Rasul pun bertanya hal yg sama, Abu Bakar pun menjawab : Aku tinggalkan Allah dan RasulNya untuk mereka…Mendengar jawaban seperti itu Umarpun berkata: Aku tidak mau lagi berlomba dengan mu..
Nah dari kisah tersebut dan Firman Allah dalm Al-Qur’an kita bias memahami, bahwa persaingan dalam bisnis itu tertu pda:
- Terus mengajarkan ilmunya kpada yg lain hingga mampu mnjadi pesaingnya nantinya
- Terus belajar dan mencari inovasi 2 terbaru dalam menghasilkan produk2 yg jauh lebih berbobot dari sebelumnya
- Terus mengetatkan pasar persaingan hingga mampu memicu dirinya untuk bias berpikir lebih keras dan menghasilkan produk2 dengan kualitas baru meninggalkan pesaingnya
- Tidak terus merasa puas ketika telah berada di atas, tpi terus bekerja utk mengupgrade diri
Persaingan tentunya membutuhkan karakter2 yg mempunyai kreatifitas yg terus bergerak hingga mampu menghasilkan inovasi baru. Seorang pebisnis yg bijak tentunya dia akan terus mengajarkan ilmunya di samping di sisi yg lain dia terus mengupgrade dirrinya untuk mencapai level yg lebih tinggi.Persaingan bukanlah tempat untuk mereka yg trus merasa puas dan tidak lagi ingin mngupgrade diri karena merasa sdah di atas, ataupun sosok pasif yg hanya berdiam diri di saat mereka yg lain trus membenahi diri...
Anda tentu masih ingat produk motor : Honda astrea yg dikeluarkan tahun 90an, saking terkenalnya salah satu artis pun di juluki dgn nama motor tersebut, nah jika perusahaan Honda terus merasa puas dgan produknya saat itu dan merasa tdk perlu mengupgrade produk dan perusahaannya, maka mungkin sekarang kita tdak akan mendengar lagi merek motor Honda,karena tlah muncul2 pesaing2 baru Yamaha dengan scorpion nya, atau Suzuki dengan satria nya, dan lagi banyak motor yg tlah menggunakan system injection.. Nah tetapi Honda terus mengupgrade perusahaannnya hingga mampu menjadi pesaing tangguh hingga sekarang..
Buatlah para pesaing anda kalah dalm bersaing dgn anda bukan karena modal atau image perusahaan tetapi dgn kreatifitas anda dan perusahaan anda yg terus bergerak maju dgn menelurkan produk2 baru dan berkualitas, hingga mereka merasa lelah untuk bersaing dengan anda..
Jazakumullah..
Written by:
Poetra Andarint
Banda Aceh. Maret 11, 2010
pufa- Kapten
- Jumlah posting : 286
Join date : 26.06.10
Re: Bagaimana Strategi Marketing Competition yg Baik (Bersaing dlm Bisnis)
Kesimpulannya...:
- Berikan layanan terbaik bagi konsumen.....
- Jaga kualitas dan kepercayaan konsumen.....
- Layanan purna jual .....
- Selalu belajar belajar dan belajar sepanjang waktu.....alias inovasi tiada henti.....
Atau :
- Adopt ( mengadopsi/mengambil hal yang baru dan baik )
- Adapt ( menyesuaikan dengan kondisi tersebut )
- Align ( menyelaraskan semua sumber daya yang ada )
- Act ( melaksanakannya )
- Berikan layanan terbaik bagi konsumen.....
- Jaga kualitas dan kepercayaan konsumen.....
- Layanan purna jual .....
- Selalu belajar belajar dan belajar sepanjang waktu.....alias inovasi tiada henti.....
Atau :
- Adopt ( mengadopsi/mengambil hal yang baru dan baik )
- Adapt ( menyesuaikan dengan kondisi tersebut )
- Align ( menyelaraskan semua sumber daya yang ada )
- Act ( melaksanakannya )
Hendro- moderator
- Jumlah posting : 7357
Join date : 06.08.09
Age : 55
Lokasi : Semarang
Re: Bagaimana Strategi Marketing Competition yg Baik (Bersaing dlm Bisnis)
Pelajaran Marketing, baik untuk pemula
lambang96- Kolonel
- Jumlah posting : 835
Join date : 19.11.12
Lokasi : bantul, yogyakarta
Re: Bagaimana Strategi Marketing Competition yg Baik (Bersaing dlm Bisnis)
Mantapf.... Gali sedikit demi sedikit ah..Hendro wrote:Kesimpulannya...:
- Berikan layanan terbaik bagi konsumen.....
- Jaga kualitas dan kepercayaan konsumen.....
- Layanan purna jual .....
- Selalu belajar belajar dan belajar sepanjang waktu.....alias inovasi tiada henti.....
Atau :
- Adopt ( mengadopsi/mengambil hal yang baru dan baik )
- Adapt ( menyesuaikan dengan kondisi tersebut )
- Align ( menyelaraskan semua sumber daya yang ada )
- Act ( melaksanakannya )
ayam betatto- Kolonel
- Jumlah posting : 737
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP
Re: Bagaimana Strategi Marketing Competition yg Baik (Bersaing dlm Bisnis)
Kalo ini sih bukan digali dikit2 kang tapi sudah diberikan segelondong utuh ke..ke..ke..ke....ayam betatto wrote:Mantapf.... Gali sedikit demi sedikit ah..Hendro wrote:Kesimpulannya...:
- Berikan layanan terbaik bagi konsumen.....
- Jaga kualitas dan kepercayaan konsumen.....
- Layanan purna jual .....
- Selalu belajar belajar dan belajar sepanjang waktu.....alias inovasi tiada henti.....
Atau :
- Adopt ( mengadopsi/mengambil hal yang baru dan baik )
- Adapt ( menyesuaikan dengan kondisi tersebut )
- Align ( menyelaraskan semua sumber daya yang ada )
- Act ( melaksanakannya )
Sedikit tambahan dalam berbisnis apapun sikap dan pikiran positif harus selalu terjaga, contoh jika kita beli ayam dan setelah sampai ternyata belum sesuai harapan padahal dana yang kita keluarkan cukup besar maka jangan berpikiran negatif dengan menyimpulkan sudah tertipu!!!......................
Coba berpikir positif karena bisa jadi ayam belum kondisi atau rawatan kita yang belum benar atau memang standart pemahaman kita soal ayam lebih tinggi dari penjualnya.....................
Apakah dengan berpikir positif akan membuat ayam berubah jadi bagus, tentu saja tidak tapi minimal akan menghilangkan penderitaan kita dari rasa kecewa, jengkel, marah yang justru berakibat buruk bagi mental dan kesehatan kita...................................
Dengan selalu berpikir positif maka akan lebih mudah memikirkan solusi terbaik jika kita mengalami permasalahan, misal untuk kasus diatas kita bisa komunikasikan baik2 dengan penjualnya sehingga mungkin bisa minta tukar ayam atau minta uang kembali atau solusi lainnya........................
Strategi marketing terbaik sekalipun tidak akan banyak berpengaruh signifikan dalam jangka waktu yang panjang jika kita tidak mampu melakukan sikap jujur, bertanggung jawab dan tidak pernah berprasangka buruk atau selalu berpikiran positif.................................
Salam market blink2..........
Hendro- moderator
- Jumlah posting : 7357
Join date : 06.08.09
Age : 55
Lokasi : Semarang
Re: Bagaimana Strategi Marketing Competition yg Baik (Bersaing dlm Bisnis)
usaha yang saya geluti hingga 10 tahun terakhir, menggunakan sistem ridho.
agency property yang saya kembangkan selama ini tetap berjalan, seiring perkembangan zaman, persaingan ketat antar agency sangat menyita waktu dan pikiran.
namun itu semua dibarengi oleh rasa syukur untuk memperoleh rejeki yang diniatkan untuk keluarga.
kini 3 usaha yang saya kerjakan adalah
pembangunan perumahan
agency perumahan
agency asuransi
peternakan ikan dan ayam aduan
yang tentunya semua perkerjaan itu sangat menguras tenaga dan pikiran, namun disetiap peluang yang ada kita menerapkan jasa terbaik untuk klien. sehingga kepuasan konsumen akan sendirinya memberikan lahan rejeki untuk semua usaha yang saya rintis.
doa kepada Tuhan YME adalah yang paling utama, restu orang tua adalah jalan menuju sukses, doa keluarga istri, dan anak2 adalah pintu menuju berkah.
agency property yang saya kembangkan selama ini tetap berjalan, seiring perkembangan zaman, persaingan ketat antar agency sangat menyita waktu dan pikiran.
namun itu semua dibarengi oleh rasa syukur untuk memperoleh rejeki yang diniatkan untuk keluarga.
kini 3 usaha yang saya kerjakan adalah
pembangunan perumahan
agency perumahan
agency asuransi
peternakan ikan dan ayam aduan
yang tentunya semua perkerjaan itu sangat menguras tenaga dan pikiran, namun disetiap peluang yang ada kita menerapkan jasa terbaik untuk klien. sehingga kepuasan konsumen akan sendirinya memberikan lahan rejeki untuk semua usaha yang saya rintis.
doa kepada Tuhan YME adalah yang paling utama, restu orang tua adalah jalan menuju sukses, doa keluarga istri, dan anak2 adalah pintu menuju berkah.
Kembangsawit- Premium member
- Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 42
Lokasi : Madiun
Similar topics
» Filosofi Adu Ayam dan Strategi Bisnis
» Gimana Nerapin strategi Jualan Yang Baik :)
» Bisnis DOC BK di poultry shop
» Strategi menghadapi Karyawan yang minta Naik Gaji
» Masih adakah Peluang Bisnis Ternak Ayam Bangkok
» Gimana Nerapin strategi Jualan Yang Baik :)
» Bisnis DOC BK di poultry shop
» Strategi menghadapi Karyawan yang minta Naik Gaji
» Masih adakah Peluang Bisnis Ternak Ayam Bangkok
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik