Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
+42
damduridamdam
andreas85
Bonimanuk
ayam betatto
danks
hamas
cay
erbe
AyamUruk
Taruno
abipanzer
jaghana
Musashi
coki
david_armanto
Burisrowo
Kembangsawit
Nardy
aliem
cumi_cumi
lambang96
rickycinere
Aptanto WSS
Echa dLangga
jamsen
beni_es
r3mb0_III
Modesto
sintuo
aylos
Lock Thea
Hendro
klawu wiring
gusta0211
jaya9123
Win Kastubi
gundul_pacul
Yang Chao-wie
untul fight
Anzirk
sigombak
cak nur
46 posters
Halaman 1 dari 3
Halaman 1 dari 3 • 1, 2, 3
Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
Selama ini,.. yang banyak terdengan dan dibahas adalah HAK PEMBELI atau CALON PEMBELI,...
Sudah banyak persyaratan dan ketentuan yang harus DILAKSANAKAN,... atau,... JANGAN JUALAN...!!!
Saya lihat kok belum ada yang bahas dari sudut Penjual,... padahal tidak akan ada Pembeli kalo tidak ada penjual....
Ya ini saya mewakili pihak para Premium Member,...(putusi sendiri saja wiss,..he.he.he..)
Banyak hal dinamika jual beli (ini yang aku alami),...
Mulai mencari ayam yang pantas untuk ditawarkan,.... baik itu AFKIR (ini mas Hendro he.he.he.) maupun PILIHAN atau JAWARA,..
Atau malah ada yang minta dicarikan,.. atau pesen,... langsung,.. tanpa ada iklan....
Sampai Komplain,...
Khususnya untuk di FJB yang ingin saya bahas...
Selama ini sudah ada aturan untuk Penjual,... dan Pengurus Papaji.. juga sudah mencantumkan aturan jual beli,...
Tapi aturan untuk para pembeli,.... !??? apa gak perlu !??
Hak untuk PENJUAL MANA !?????
Ini sharing saja,.. untuk melindungi Hak-hak Penjual,.. (saya rasa pra premium member setuju,. dan harus setuju....he.he.he.)
harusnya ada aturan untuk para pembeli, dari pengurus Papaji...
Karena ini adalah hal-hal yang seringkali aku alami (kemungkinan juga pernah dialami oleh premium member yang lain)
1. Ayam dikatakan jelek, gak bisa tarung, gak mukul,.. baru 5 menit lari... cuma sama untulanku saja lari,... lawan ayam kecil gak brani....dsb..
Tapi pembeli tidak bisa menunjukkan vidio tarungan
Tapi pembeli ngabarnya setelah keluar kiso,.. atau baru 2 hari setelah 14 jam perjalanan,..
Tapi pembeli tidak melihat kondisi ayam yang ada
Tapi pembeli tidak menunjukkan lawannya bagaimana gandengnya,...
2. Pembeli mintanya setelah transfer, ayam langsung dikirim,.. atau bahkan sebelum transfer ayam dikirim,....
3. Pembeli mintanya ayam datang langsung kerumah...(kantor pos bisa kirim ayam apa gak ya... !?? )
4. Pembeli mintanya jam 4 sore ayam harus sudah nyampai di Stasiun atau Terminal,.. (penjual khan merangkap Direktur KAI dan Sopir bus,..... )
5. Pembeli mintanya selalu update datanya,.. sudah sampai mana mas,.. ? ini aku sudah ada di Stasiun,. sudah ada di Terminal...
Aku kadang tersenyum kecut sendiri bila mengingat hal itu,....
OK,.. bahasan sudah saya sampaikan,....
Sekarang saya kembalikan ke Forum,.. bagaimana LANGKAH SEBAIKNYA,. untuk para PEMBELI DAN PENJUAL.....
MOnggo....
Sudah banyak persyaratan dan ketentuan yang harus DILAKSANAKAN,... atau,... JANGAN JUALAN...!!!
Saya lihat kok belum ada yang bahas dari sudut Penjual,... padahal tidak akan ada Pembeli kalo tidak ada penjual....
Ya ini saya mewakili pihak para Premium Member,...(putusi sendiri saja wiss,..he.he.he..)
Banyak hal dinamika jual beli (ini yang aku alami),...
Mulai mencari ayam yang pantas untuk ditawarkan,.... baik itu AFKIR (ini mas Hendro he.he.he.) maupun PILIHAN atau JAWARA,..
Atau malah ada yang minta dicarikan,.. atau pesen,... langsung,.. tanpa ada iklan....
Sampai Komplain,...
Khususnya untuk di FJB yang ingin saya bahas...
Selama ini sudah ada aturan untuk Penjual,... dan Pengurus Papaji.. juga sudah mencantumkan aturan jual beli,...
Tapi aturan untuk para pembeli,.... !??? apa gak perlu !??
Hak untuk PENJUAL MANA !?????
Ini sharing saja,.. untuk melindungi Hak-hak Penjual,.. (saya rasa pra premium member setuju,. dan harus setuju....he.he.he.)
harusnya ada aturan untuk para pembeli, dari pengurus Papaji...
Karena ini adalah hal-hal yang seringkali aku alami (kemungkinan juga pernah dialami oleh premium member yang lain)
1. Ayam dikatakan jelek, gak bisa tarung, gak mukul,.. baru 5 menit lari... cuma sama untulanku saja lari,... lawan ayam kecil gak brani....dsb..
Tapi pembeli tidak bisa menunjukkan vidio tarungan
Tapi pembeli ngabarnya setelah keluar kiso,.. atau baru 2 hari setelah 14 jam perjalanan,..
Tapi pembeli tidak melihat kondisi ayam yang ada
Tapi pembeli tidak menunjukkan lawannya bagaimana gandengnya,...
2. Pembeli mintanya setelah transfer, ayam langsung dikirim,.. atau bahkan sebelum transfer ayam dikirim,....
3. Pembeli mintanya ayam datang langsung kerumah...(kantor pos bisa kirim ayam apa gak ya... !?? )
4. Pembeli mintanya jam 4 sore ayam harus sudah nyampai di Stasiun atau Terminal,.. (penjual khan merangkap Direktur KAI dan Sopir bus,..... )
5. Pembeli mintanya selalu update datanya,.. sudah sampai mana mas,.. ? ini aku sudah ada di Stasiun,. sudah ada di Terminal...
Aku kadang tersenyum kecut sendiri bila mengingat hal itu,....
OK,.. bahasan sudah saya sampaikan,....
Sekarang saya kembalikan ke Forum,.. bagaimana LANGKAH SEBAIKNYA,. untuk para PEMBELI DAN PENJUAL.....
MOnggo....
cak nur- Registered Sellers
- Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 57
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
topik yg menarik untuk didiskusikan... Mgkin para pnjual lain punya pendpt...
Kalau yg saya tahu dr jual beli secara umum, mmg bnyak penjual yg dikenakan aturan.. Seperti toko harus pake SITU, SIUP, NPWP dll.. Belum lg penjual diawasi dg harga eceran tertinggi (HET), kualitas barang, produk kadaluarsa, penggunaan timbangan/ukuran, upah minimum karyawan dll.. Banyak aturan untuk penjual/produsen.
Kalau yg saya tahu, penjual hanya diberi hak mematenkan merk/produknya. Ini jg bkn melindungi penjual dari pembeli, tp antara penjual dg penjual..
Sdgkan konsumen, dilindungi dg hak konsumen dll...
Tp ini hanya yg saya tahu sedikit2, mgkin yg lain lbh faham dan bs menyuarakn hak penjual/produsen...
Lanjuuuuut....
Kalau yg saya tahu dr jual beli secara umum, mmg bnyak penjual yg dikenakan aturan.. Seperti toko harus pake SITU, SIUP, NPWP dll.. Belum lg penjual diawasi dg harga eceran tertinggi (HET), kualitas barang, produk kadaluarsa, penggunaan timbangan/ukuran, upah minimum karyawan dll.. Banyak aturan untuk penjual/produsen.
Kalau yg saya tahu, penjual hanya diberi hak mematenkan merk/produknya. Ini jg bkn melindungi penjual dari pembeli, tp antara penjual dg penjual..
Sdgkan konsumen, dilindungi dg hak konsumen dll...
Tp ini hanya yg saya tahu sedikit2, mgkin yg lain lbh faham dan bs menyuarakn hak penjual/produsen...
Lanjuuuuut....
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
Ikut nyumak...
Anzirk- Kolonel
- Jumlah posting : 590
Join date : 23.07.12
Lokasi : Nganjuk,Jatim
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
Curahan hati yg indah Cak, tetek bengek jualan sudah pean rasakan... Pada akhirnya itulah yg mendewasakan para penjual sekaligus menjadi vaksin untuk mengatasi beragam pembeli yg vareatif.
Saya sendiri adalah pembeli yg lebih menyenangi transaksi tanpa iklan dgn modal mengantongi no contact beberapa nama besar senior. Prinsipnya lebih pada persaudaraan, dengan demikian meminimalisir saya berlaku curang.
Percaya atau tidak sy pernah dikirimi ayam dari salah satu premium member dengan ucapannya "silahkan hargai ayam saya setelah anda pake" bagaimana kalau sy curang? Dia cuma bilang "yaa anda kan pasti punya tuhan".
Dari ocehan ngelantur di atas sy cm mau bilang ada baiknya pembeli melihat sudut pandang penjual dan sebaliknya. Adapun tentang hak penjual secara baku sulit diterapkan pada jual beli online walaupun bukan hil yg mustahal.
Salam
Saya sendiri adalah pembeli yg lebih menyenangi transaksi tanpa iklan dgn modal mengantongi no contact beberapa nama besar senior. Prinsipnya lebih pada persaudaraan, dengan demikian meminimalisir saya berlaku curang.
Percaya atau tidak sy pernah dikirimi ayam dari salah satu premium member dengan ucapannya "silahkan hargai ayam saya setelah anda pake" bagaimana kalau sy curang? Dia cuma bilang "yaa anda kan pasti punya tuhan".
Dari ocehan ngelantur di atas sy cm mau bilang ada baiknya pembeli melihat sudut pandang penjual dan sebaliknya. Adapun tentang hak penjual secara baku sulit diterapkan pada jual beli online walaupun bukan hil yg mustahal.
Salam
untul fight- Sersan
- Jumlah posting : 119
Join date : 22.03.12
Lokasi : rumpin bogor - serpong tangerang
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
salut cak nur sudah menyuarakan isi hatinya..(mungkin juga isi hati para penjual lainnya)..tetap SEMANGAT cak!
..jadi bila terjadi hal yg tak diharapkan, maka pembeli merasa diRUGIkan..
secara umum khalayak tidak mau melihat/menutup mata terhadap kesulitan2 yg harus dijalani penjual seperti yg sudah diulas cak nur..
..dikarenakan stigma tsb diatas, bahwa penjual "sudah" UNTUNG
semoga sharing cak nur.. bisa menutup jurang pemisah antara penjual-pembeli!
dalam transaksi jual beli..stigma yg umum terjadi di khalayak umum adalah: penjual -> UNTUNG!cak nur wrote:Selama ini,.. yang banyak terdengar dan dibahas adalah HAK PEMBELI atau CALON PEMBELI,...
..jadi bila terjadi hal yg tak diharapkan, maka pembeli merasa diRUGIkan..
secara umum khalayak tidak mau melihat/menutup mata terhadap kesulitan2 yg harus dijalani penjual seperti yg sudah diulas cak nur..
..dikarenakan stigma tsb diatas, bahwa penjual "sudah" UNTUNG
semoga sharing cak nur.. bisa menutup jurang pemisah antara penjual-pembeli!
Yang Chao-wie- Sersan
- Jumlah posting : 143
Join date : 26.10.11
Lokasi : Citraraya, Cikupa-Tangerang
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
cak nur wrote:Selama ini,.. yang banyak terdengan dan dibahas adalah HAK PEMBELI atau CALON PEMBELI,...
Sudah banyak persyaratan dan ketentuan yang harus DILAKSANAKAN,... atau,... JANGAN JUALAN...!!!
Saya lihat kok belum ada yang bahas dari sudut Penjual,... padahal tidak akan ada Pembeli kalo tidak ada penjual....
Ya ini saya mewakili pihak para Premium Member,...(putusi sendiri saja wiss,..he.he.he..)
Banyak hal dinamika jual beli (ini yang aku alami),...
Mulai mencari ayam yang pantas untuk ditawarkan,.... baik itu AFKIR (ini mas Hendro he.he.he.) maupun PILIHAN atau JAWARA,..
Atau malah ada yang minta dicarikan,.. atau pesen,... langsung,.. tanpa ada iklan....
Sampai Komplain,...
Khususnya untuk di FJB yang ingin saya bahas...
Selama ini sudah ada aturan untuk Penjual,... dan Pengurus Papaji.. juga sudah mencantumkan aturan jual beli,...
Tapi aturan untuk para pembeli,.... !??? apa gak perlu !??
Hak untuk PENJUAL MANA !?????
Ini sharing saja,.. untuk melindungi Hak-hak Penjual,.. (saya rasa pra premium member setuju,. dan harus setuju....he.he.he.)
harusnya ada aturan untuk para pembeli, dari pengurus Papaji...
Karena ini adalah hal-hal yang seringkali aku alami (kemungkinan juga pernah dialami oleh premium member yang lain)
1. Ayam dikatakan jelek, gak bisa tarung, gak mukul,.. baru 5 menit lari... cuma sama untulanku saja lari,... lawan ayam kecil gak brani....dsb..
Tapi pembeli tidak bisa menunjukkan vidio tarungan
Tapi pembeli ngabarnya setelah keluar kiso,.. atau baru 2 hari setelah 14 jam perjalanan,..
Tapi pembeli tidak melihat kondisi ayam yang ada
Tapi pembeli tidak menunjukkan lawannya bagaimana gandengnya,...
2. Pembeli mintanya setelah transfer, ayam langsung dikirim,.. atau bahkan sebelum transfer ayam dikirim,....
3. Pembeli mintanya ayam datang langsung kerumah...(kantor pos bisa kirim ayam apa gak ya... !?? )
4. Pembeli mintanya jam 4 sore ayam harus sudah nyampai di Stasiun atau Terminal,.. (penjual khan merangkap Direktur KAI dan Sopir bus,..... )
5. Pembeli mintanya selalu update datanya,.. sudah sampai mana mas,.. ? ini aku sudah ada di Stasiun,. sudah ada di Terminal...
Aku kadang tersenyum kecut sendiri bila mengingat hal itu,....
OK,.. bahasan sudah saya sampaikan,....
Sekarang saya kembalikan ke Forum,.. bagaimana LANGKAH SEBAIKNYA,. untuk para PEMBELI DAN PENJUAL.....
MOnggo....
syarat2 yg diminta penjual tinggal ditulis di trit atau diakadkan waktu negosiasi...
kl pembeli keberatan, ya ditolak sj. mungkin blm rejeki, drpd repot nanti2
gundul_pacul- Sersan
- Jumlah posting : 73
Join date : 04.06.12
Age : 45
Lokasi : Rajajowas
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
Mas Nur.... Kalau saya pembeli.... Pertanyaan saya..:
Apakah saya harus terima aja ayam yg dikirim oleh penjual..? Sekalipun ayamnya tidak sesuai dgn apa yg "dijanjikan"...?? Misalnya..: Pukulan berat/keras..! Tapi ternyata...pukulnnya hambar..!
Atau..: Ayam ngalung..., tapi kenyataannya....nggak ada ngalung nya...!
Pembeli harus gimana...??
Terima apa adanya....??? Gak boleh komplain...???
Apakah saya harus terima aja ayam yg dikirim oleh penjual..? Sekalipun ayamnya tidak sesuai dgn apa yg "dijanjikan"...?? Misalnya..: Pukulan berat/keras..! Tapi ternyata...pukulnnya hambar..!
Atau..: Ayam ngalung..., tapi kenyataannya....nggak ada ngalung nya...!
Pembeli harus gimana...??
Terima apa adanya....??? Gak boleh komplain...???
Win Kastubi- Panglima
- Jumlah posting : 3752
Join date : 27.04.12
Lokasi : Jakarta Timur.. 0812-8867.8067 ; 0817-25.29.25...
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
walaupun ayam ndeso alhamdulillah masih bisa dipakai dikandang baru , kontak masih ada guna menyambung tali silaturahmi.. bahkan ketika saya kepepet ada masalah keungan,beberapa kawan langganan menyokong ada yang rela jam 8an malam kieluar rumah guna ke anjungan.
karena postingan komplain-komplain dipapaji kemarin-kemarin, saya sebagai penjual berusaha meminimalisir hal yang tidak diinginkan apalagi dengan pembeli luar pulau yang baru kasian + bisa bikin pusing kalo komplain,ongkirnya itu.
kejujuran adalah emas,dengan catatan bagus menurut kita belum tentu bagus menurut oranglain ayam relatif.
semangat cak nur, semoga tahun 2013 menjadi semangat baru dan berkah bagi seluruh warga PAPAJI
karena postingan komplain-komplain dipapaji kemarin-kemarin, saya sebagai penjual berusaha meminimalisir hal yang tidak diinginkan apalagi dengan pembeli luar pulau yang baru kasian + bisa bikin pusing kalo komplain,ongkirnya itu.
kejujuran adalah emas,dengan catatan bagus menurut kita belum tentu bagus menurut oranglain ayam relatif.
semangat cak nur, semoga tahun 2013 menjadi semangat baru dan berkah bagi seluruh warga PAPAJI
jaya9123- Kapten
- Jumlah posting : 269
Join date : 27.06.11
Lokasi : mranggen
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
cak nur wrote:
1. Ayam dikatakan jelek, gak bisa tarung, gak mukul,.. baru 5 menit lari... cuma sama untulanku saja lari,... lawan ayam kecil gak brani....dsb..
Tapi pembeli tidak bisa menunjukkan vidio tarungan
Tapi pembeli ngabarnya setelah keluar kiso,.. atau baru 2 hari setelah 14 jam perjalanan,..
Tapi pembeli tidak melihat kondisi ayam yang ada
Tapi pembeli tidak menunjukkan lawannya bagaimana gandengnya,...
2. Pembeli mintanya setelah transfer, ayam langsung dikirim,.. atau bahkan sebelum transfer ayam dikirim,....
3. Pembeli mintanya ayam datang langsung kerumah...(kantor pos bisa kirim ayam apa gak ya... !?? )
4. Pembeli mintanya jam 4 sore ayam harus sudah nyampai di Stasiun atau Terminal,.. (penjual khan merangkap Direktur KAI dan Sopir bus,..... )
5. Pembeli mintanya selalu update datanya,.. sudah sampai mana mas,.. ? ini aku sudah ada di Stasiun,. sudah ada di Terminal...
Urun rembuk Cak dr pemula..
Kayaknya uda jadi resiko penjual Cak Nur, apalagi jual lewat internet yg notabene pembeli jg kadang g'jelas identitasnya..
Pastikan pembeli tahu cara rawat ayam yg baru datang, jika belum mohon dibantu/bimbingan (biasanya u/ pemula banget) untuk menghindari komplain gara2 pembeli salah rawat trus pengennya langsung gebrak tanpa liat kondisi ayam..
Kalo pembeli selalu minta update, coba penjual juga selalu minta update keberadaan ayamnya walaupun telah di tangan pembeli sampai pembeli benar2 merasa puas.. Jika ada komplain, masih gampang ditelusuri kasusnya..
Pengalaman pribadi jual ayam ke sesama hobbies luar kota, kalo trkesan aneh mohon maaph..
gusta0211- Registered Sellers
- Jumlah posting : 931
Join date : 19.09.12
Lokasi : Mojokerto, pin BB: 51925379, Telp: 08980020421
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
sudut pandang penjual... lebih banyak bagaimana dagangan laku dan untung (itu sdh rumus)
sudut pandang pembeli .... lebih banyak bagaimana pembelian itu memuaskan/cocok (rumus juga)
tinggal mengKLOPkan keduanya (AKAD jual beli)
berikut terjemahan sebuah hadits yang menunjukkan dalam jual beli yang baik :
Permudahlah oleh kalian urusan orang dan jangan mempersulit, berilah oleh kalian kabar gembira dan jangan membuat mereka takut (HR Bukhari dan Muslim)
wassalam,
klawu wiring- Kolonel
- Jumlah posting : 685
Join date : 25.01.12
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
ke...ke....ke....ke.....ke..... curhat ceritanya nih cak Nur, namanya juga dagang cak itulah resiko kita sebagai pengusaha selalu berhadapan dengan berbagai tipikal konsumen, adakalanya ketemu konsumen yang bijak, santun dan mempercayakan segala sesuatunya kepada kita tapi terkadang ketemu konsumen yang sungguh merepotkan bahkan menjengkelkan..............................
Pilihan menjadi Pengusaha memang mengharuskan kita mempunyai nyali dan mental diatas rata rata, berani menerima resiko (termasuk berani rugi), siap menghadapi keluhan dan siap diteror berbagai hal sepanjang waktu (terkadang jam 2 tengah malam ada yang telepon hanya untuk menanyakan stok ayam yang masih ada) dan tidak jarang ketemu calon konsumen yang sungguh bawel !! jika bertanya via sms dicicil sepotong sepotong sehingga yang seharusnya bisa dijawab sekaligus dalam sekali sms harus dilakukan lebih dari 10x padahal kita lagi sambil nyopir dijalan...ke...ke...ke...ke.....
Intinya antara Pengusaha dan Konsumen haruslah terjalin komunikasi efektif dan memposisikan diri sejajar sebagai MITRA, maka segala kecurigaan dan rasa ketidak nyamanan bisa dihilangkan sedikit demi sedikit.................................
Konsumen yang bijak dan paham dengan produk yang ditawarkan tidak akan banyak bertanya dan Pengusaha yang bijak akan senantiasa melayani sepenuh hati apapun yang diinginkan oleh calon Konsumennya.................................
Salam MITRA sejajar........
Pilihan menjadi Pengusaha memang mengharuskan kita mempunyai nyali dan mental diatas rata rata, berani menerima resiko (termasuk berani rugi), siap menghadapi keluhan dan siap diteror berbagai hal sepanjang waktu (terkadang jam 2 tengah malam ada yang telepon hanya untuk menanyakan stok ayam yang masih ada) dan tidak jarang ketemu calon konsumen yang sungguh bawel !! jika bertanya via sms dicicil sepotong sepotong sehingga yang seharusnya bisa dijawab sekaligus dalam sekali sms harus dilakukan lebih dari 10x padahal kita lagi sambil nyopir dijalan...ke...ke...ke...ke.....
Intinya antara Pengusaha dan Konsumen haruslah terjalin komunikasi efektif dan memposisikan diri sejajar sebagai MITRA, maka segala kecurigaan dan rasa ketidak nyamanan bisa dihilangkan sedikit demi sedikit.................................
Konsumen yang bijak dan paham dengan produk yang ditawarkan tidak akan banyak bertanya dan Pengusaha yang bijak akan senantiasa melayani sepenuh hati apapun yang diinginkan oleh calon Konsumennya.................................
Salam MITRA sejajar........
Hendro- moderator
- Jumlah posting : 7357
Join date : 06.08.09
Age : 55
Lokasi : Semarang
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
Win Kastubi wrote:Mas Nur.... Kalau saya pembeli.... Pertanyaan saya..:
Apakah saya harus terima aja ayam yg dikirim oleh penjual..? Sekalipun ayamnya tidak sesuai dgn apa yg "dijanjikan"...?? Misalnya..: Pukulan berat/keras..! Tapi ternyata...pukulnnya hambar..!
Atau..: Ayam ngalung..., tapi kenyataannya....nggak ada ngalung nya...!
Pembeli harus gimana...??
Terima apa adanya....??? Gak boleh komplain...???
Simple aja,klo ayam ga sesuai spek,tinggal balikin lagi aja..!Hak pembeli mendapatkan apa yang dy beli..!Kan udah jelas pembeli beli spek bukan cuma sekedar beli ayam..!Penjual yang jaga nama ya jelas lebih baik kalah uang daripada kalah langgan..!Sperti kata mas hedro juga,penjual yang baik PASTI kasi GARANSI..!Kadang dengan kedekatan,nominal ga lagi dkedepankan..!
Salam guyub dan akur..!
Lock Thea- Jendral
- Jumlah posting : 2087
Join date : 24.07.11
Age : 38
Lokasi : Kuningan
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
ga perlu perlindungan segala macam aturan . jualan aja yg bener...,nanti jg orang tau .
aylos- Registered Sellers
- Jumlah posting : 607
Join date : 27.06.10
Lokasi : semeru 108 bogor /08121110301
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
menurut pengamatan saya penjual yg baik adalah penjual yg tidak mengiklankan dagangannya tetapi produknya selalu dinanti2 orng..contoh:om ringgas, mas ary, hms dan banyak lagi.. lihat deh apkah mereka sering masuk forum fjb? orientasi dari penjual dan pembeli bukanlah uang.. tetapi penjual dan pembeli berorientasi pada kualitas.
dan pembeli yang baik adalah mempercayakan sepenuhnya harapannya terhadap kualitas produk yg akan dibelinya kepada penjual..
dan pembeli yang baik adalah mempercayakan sepenuhnya harapannya terhadap kualitas produk yg akan dibelinya kepada penjual..
sintuo- Sersan
- Jumlah posting : 117
Join date : 13.11.11
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
Singkat-padat-maknyuuuuussss....mantap broaylos wrote:ga perlu perlindungan segala macam aturan . jualan aja yg bener...,nanti jg orang tau .
Modesto- Jendral
- Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 43
Lokasi : Ponorogo
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
Hendro wrote:ke...ke....ke....ke.....ke..... curhat ceritanya nih cak Nur, namanya juga dagang cak itulah resiko kita sebagai pengusaha selalu berhadapan dengan berbagai tipikal konsumen, adakalanya ketemu konsumen yang bijak, santun dan mempercayakan segala sesuatunya kepada kita tapi terkadang ketemu konsumen yang sungguh merepotkan bahkan menjengkelkan..............................
Pilihan menjadi Pengusaha memang mengharuskan kita mempunyai nyali dan mental diatas rata rata, berani menerima resiko (termasuk berani rugi), siap menghadapi keluhan dan siap diteror berbagai hal sepanjang waktu (terkadang jam 2 tengah malam ada yang telepon hanya untuk menanyakan stok ayam yang masih ada) dan tidak jarang ketemu calon konsumen yang sungguh bawel !! jika bertanya via sms dicicil sepotong sepotong sehingga yang seharusnya bisa dijawab sekaligus dalam sekali sms harus dilakukan lebih dari 10x padahal kita lagi sambil nyopir dijalan...ke...ke...ke...ke.....
Intinya antara Pengusaha dan Konsumen haruslah terjalin komunikasi efektif dan memposisikan diri sejajar sebagai MITRA, maka segala kecurigaan dan rasa ketidak nyamanan bisa dihilangkan sedikit demi sedikit.................................
Konsumen yang bijak dan paham dengan produk yang ditawarkan tidak akan banyak bertanya dan Pengusaha yang bijak akan senantiasa melayani sepenuh hati apapun yang diinginkan oleh calon Konsumennya.................................
Salam MITRA sejajar........
Setuju sekali mas Hendro,....
Sebenernya bukan curhat sih tepatnya,... hanya ingin memberikan gambaran kepada teman-teman papaji.. bahwa, yang namanya Penjual juga mengalami 'ketidakpuasan' pada suatu transaksi,...
Fakta di lapangan juga sulit untuk misalnya membuat thread 'komplain' terhadap seorang pembeli,.. (kayaknya gak pernah ada )
Tapi baru diketahui ketika seorang pembeli merasa 'dirugikan',.. maka sebagai penjelasan, baru penjual 'menceritakan' kronologinya,...
Bukan apa-apa,. karena memang sulit,.. meskipun yang bersangkutan mengaku-ngaku anggota papaji... (kita mana tahu User name nya apa, data profil khan jarang yang komplit)
Secara data,.. memang kecil prosentase pembeli yang 'nakal'. Itupun seringkali bukan 'langganan', melainkan pembeli baru.
Terima kasih kepada atas semua tanggapan dan sharingnya,...
salam tahun baru,....
cak nur- Registered Sellers
- Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 57
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
ane suka gaya loe kang... ngak pakai rebetaylos wrote:ga perlu perlindungan segala macam aturan . jualan aja yg bener...,nanti jg orang tau .
r3mb0_III- Sersan
- Jumlah posting : 122
Join date : 24.02.12
Lokasi : LocalHost
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
aylos wrote:ga perlu perlindungan segala macam aturan . jualan aja yg bener...,nanti jg orang tau .
Sangat setuju sekalee!
jangan terpengaruh imbas FJB=bakul ayam afkir-lupakan! tahun sudah 2013 bro he he he
alumni ayam dr cak Nur di saya malah ada yg balik ke jawa lagi krn prestasinya! ingat birma baret?
ayam dari pak lek Hendro jg gitu ada beberapa yg balik lagi ke jawa diambil orang ke ke ke ke
yang niatannya tulus hanya Allah yg melindungi broo,sooo ga usah khawatir dah
beni_es- Premium member
- Jumlah posting : 562
Join date : 19.07.11
Lokasi : Denpasar
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
Benar yang penting niat,klo niat nya busuk tetap aja akan tercium,,klo niatnya baik maka akan di cari orang sampai kemanapun,,,,
Selamat Tahun baru 2013,,semoga saya tambah sukses dan jg sukses tuk rekan2 semua...
Selamat Tahun baru 2013,,semoga saya tambah sukses dan jg sukses tuk rekan2 semua...
jamsen- Jendral
- Jumlah posting : 1655
Join date : 24.09.12
Age : 50
Lokasi : Jln Raya Pebayuran.Desa Bantar Jaya Kp Pintu Pebayuran Kec. Bekasi ( Karawang-Pebayuran )
Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
Ijin ber-opini :
Kelemahan terbesar dari transaksi jual-beli adalah : "Barang" jualan dari PENJUAL masih merupakan hal yang utopis/abstrak/maya bagi PEMBELI! itu merupakan hal yg sy kira kita semua sama-sama mengetahuinya. Kasarnya sy deal barang dagangan dari si-A yang perspektifnya dan promosinya memikat via interneat (dunia maya)....oke uang sy transfer ke atm selanjutnya tinggal menerima pengiriman barangnya. Dalam hal ini sadar atau tidak kita sadari bahwa :
1. Penjual sudah berhasil memenangkan transaksi liwat perspektif nonreal.
2. Uang anda sudah berada ditangan orang yg anda tidak kenal plus.....barangnya belum ada!
3. Akhirnya anda terjebak dalam perjudian emosi (ada-tidak, kirim-tidak, bagus-tidak, cucok-tidak).
4. point yg terakhir..........anda sdh tidak bisa ngapa-npain after transfer duit, alias menunggu
dan pasrah sembari membesarkan hati anda dengan sesuatu yg dinamai "kepercayaan".
dari point-pont diatas (1-4) adalah hal yg wajar jika yg selalu dikedepankan adalah hak-hak konsumen/pembeli/user karena dalam kasus ini side efek terburuk lebih banyak mengenai pembeli daripada penjual (hhhh...kayak Yayasan Lembaga Konsumen-YLKI aja nih). Intinya : Tidak ada sesuatupun yang bisa mengikat penjual dengan pembeli DALAM DUNIA MAYA selain sesuatu yang mungkin terlalu absurd jika kita namai dengan........KEPERCAYAAN!
Ingat....busuk dan harumnya sesuatu pasti terbaui, kepercayaan merupakan jaminan nama/toko anda, kualitas dagangan anda merupakan harga yang mesti terbayarkan oleh kami. Sekian selamat tahun baru dan selamat bertransaksi!!!
Kelemahan terbesar dari transaksi jual-beli adalah : "Barang" jualan dari PENJUAL masih merupakan hal yang utopis/abstrak/maya bagi PEMBELI! itu merupakan hal yg sy kira kita semua sama-sama mengetahuinya. Kasarnya sy deal barang dagangan dari si-A yang perspektifnya dan promosinya memikat via interneat (dunia maya)....oke uang sy transfer ke atm selanjutnya tinggal menerima pengiriman barangnya. Dalam hal ini sadar atau tidak kita sadari bahwa :
1. Penjual sudah berhasil memenangkan transaksi liwat perspektif nonreal.
2. Uang anda sudah berada ditangan orang yg anda tidak kenal plus.....barangnya belum ada!
3. Akhirnya anda terjebak dalam perjudian emosi (ada-tidak, kirim-tidak, bagus-tidak, cucok-tidak).
4. point yg terakhir..........anda sdh tidak bisa ngapa-npain after transfer duit, alias menunggu
dan pasrah sembari membesarkan hati anda dengan sesuatu yg dinamai "kepercayaan".
dari point-pont diatas (1-4) adalah hal yg wajar jika yg selalu dikedepankan adalah hak-hak konsumen/pembeli/user karena dalam kasus ini side efek terburuk lebih banyak mengenai pembeli daripada penjual (hhhh...kayak Yayasan Lembaga Konsumen-YLKI aja nih). Intinya : Tidak ada sesuatupun yang bisa mengikat penjual dengan pembeli DALAM DUNIA MAYA selain sesuatu yang mungkin terlalu absurd jika kita namai dengan........KEPERCAYAAN!
Ingat....busuk dan harumnya sesuatu pasti terbaui, kepercayaan merupakan jaminan nama/toko anda, kualitas dagangan anda merupakan harga yang mesti terbayarkan oleh kami. Sekian selamat tahun baru dan selamat bertransaksi!!!
iman, ilmu, amal padu mengabdi
Echa dLangga- Sersan
- Jumlah posting : 110
Join date : 07.11.12
Lokasi : Makassar
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
Win Kastubi wrote:Mas Nur.... Kalau saya pembeli.... Pertanyaan saya..:
Apakah saya harus terima aja ayam yg dikirim oleh penjual..? Sekalipun ayamnya tidak sesuai dgn apa yg "dijanjikan"...?? Misalnya..: Pukulan berat/keras..! Tapi ternyata...pukulnnya hambar..!
Atau..: Ayam ngalung..., tapi kenyataannya....nggak ada ngalung nya...!
Pembeli harus gimana...??
Terima apa adanya....??? Gak boleh komplain...???
Pernah kawan saya mengalami hal yang sama dengan bapak , dibilang ayam ngalung namun saat di rumah kawan di coba eh nggak ada ngalung nya . Kawan saya protes ke Penjual penjual juga ngotot ayam tersebut ngalung dan belakangan baru video ayam dikirim padahal diawal nggak pakai video modal percaya saja . Lalu saya tengahi , saya periksa si ayam . Hasilnya baik penjual maupun kawan saya sama sama benarnya :
Saat di Penjual via video ayam terlihat ngalung karena lawannya langkah relatif kurang taktis jadi selama durasi abar full kalung mukul.
Saat di kawan saya ayam ini nggak terlihat ngalungnya karena langkah ayam kawan saya taktis sekali . nah kemudian di abarlah vs mr untuls eh barulah keluar ngalungnya teman saya cengar cengir lihat kenyataan ini
Akhirnya nggak jadi komplain walau kawan saya juga belum pas dengan kualitas ayam tersebut .
Aptanto WSS- Kolonel
- Jumlah posting : 893
Join date : 05.12.09
Age : 39
Lokasi : Surabaya - 083 857 60 70 63
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
aylos wrote:ga perlu perlindungan segala macam aturan . jualan aja yg bener...,nanti jg orang tau .
Setuju bro,...
gimana kabar anak Jeruk ???
Lihat dong Videonya ???
Selamat dan Sukses di tahun 2013 ....
rickycinere- Registered Sellers
- Jumlah posting : 4237
Join date : 19.08.08
Lokasi : 0852 1878 0215
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
HAHAHA..... top bgtaylos wrote:ga perlu perlindungan segala macam aturan . jualan aja yg bener...,nanti jg orang tau .
lambang96- Kolonel
- Jumlah posting : 835
Join date : 19.11.12
Lokasi : bantul, yogyakarta
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
aylos wrote:ga perlu perlindungan segala macam aturan . jualan aja yg bener...,nanti jg orang tau .
SETUJUUUUUUU, PEMBELI adalah RAJA , ngga perlu penjual dilindungi , kalau masalah jual beli gampang aja pembeli sudah merasa cocok ya bungkus , kala ngga mau ya sudah , gitu aja kok repot................................
Re: Bagaimana melindungi Penjual yang baik ??
Kualitas nomor 1, asal ayam yang dijual kualitasnya bagus (menurut kebanyakan orang), maka penjual tetep akan dicari2, bahkan masih telor pun dah banyak yang inden.
Pengalaman saya sebagai pembeli, ayam dikirim dulu, bayarnya kapan2 terserah saya.. wakakak (penjualnya pasti ngedumel)
Pengalaman saya sebagai pembeli, ayam dikirim dulu, bayarnya kapan2 terserah saya.. wakakak (penjualnya pasti ngedumel)
aliem- Kolonel
- Jumlah posting : 684
Join date : 19.08.08
Lokasi : Magelang-Pekalongan PP
Halaman 1 dari 3 • 1, 2, 3
Similar topics
» Bagaimana Strategi Marketing Competition yg Baik (Bersaing dlm Bisnis)
» Bagaimana membuat kandang yang baik?
» Banyak pembeli yg menipu penjual
» bagaimana cara crosing yang paling tepat untuk menghasilkan ayam yang berkualitas
» BAGAIMANA CARA MEMOTONG JALU YG BAIK
» Bagaimana membuat kandang yang baik?
» Banyak pembeli yg menipu penjual
» bagaimana cara crosing yang paling tepat untuk menghasilkan ayam yang berkualitas
» BAGAIMANA CARA MEMOTONG JALU YG BAIK
Halaman 1 dari 3
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik