Misteri dibalik ngairin ayam.....

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  coki on Tue 17 Apr 2012, 22:55

Pake ES BATU....beli sama GEROBAK - GEROBAK nya.
OK''
avatar
coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 35
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  Hendro on Wed 18 Apr 2012, 21:35

Rozaqna-wahyu wrote:
Hendro wrote:Kembali ke topik "ngair ayam", prinsip ngair memang untuk mendinginkan suhu badan ayam sehingga ketika beradu tidak mudah "kebakaran" sehingga sangat berpengaruh terhadap kinerja ayam, karena kulit ayam tidak berpori maka untuk mengeluarkan suhu panas biasanya ayam lewat mulut dengan membasahi kulit ayam akan membuat suhu badan ayam menjadi lebih lambat panas.....salam Smile

maaf Om hendro, kalau boleh tau tahap2 yg yg baik & benar saat ngairin bagaimana ya om.. ?? bukan brmaksud ngetest Om, tp bener2 awam saat mengairi ayam.


Sudah pernah dibahas kok coba cari lebih teliti, bahkan di majalah media ayam volume 9 atau 10 pernah dikutip juga tulisan saya dan dimuat disana.........salam Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7346
Join date : 06.08.09
Age : 48
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  Andi Babe on Wed 18 Apr 2012, 22:09

KALAU saya pertama dubur aayam diairi beberapa kali, baru dadanya sampai ayam normal pernafasanya baru dikorok kerongkongan ayamnya sudah berslh di kasih minum,kalau sudah tenang baru di usap ketiak ki ka basuh pundaknya baru deh dikasih gula merah, tiap air bedah mandiinnya salam.... alien alien alien alien
avatar
Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  hamas on Thu 19 Apr 2012, 00:08

coki wrote:Pake ES BATU....beli sama GEROBAK - GEROBAK nya.
OK''

kwak..kwaak..kwak..Koteeekkk!!!
avatar
hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  hamas on Thu 19 Apr 2012, 00:11

kasi uang 1000 suruh ayam ke toilet umum
MCK, beres...kwek..kwek..kwek
avatar
hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  Andi Babe on Thu 19 Apr 2012, 00:19

suruh aja ayam berenang sekalian mas hamas..wakakakak...
avatar
Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  tetep.teges on Fri 20 Apr 2012, 01:21

Newbie Sumbang Saran.

"Pengairan ayam" adalah masa pemulihan tenaga
Jangan memegang ayam terlalu kaku, lama, dan berlebihan (melakukan tindakan aneh2 karena ingin dilihat orang diarena pintar, ahli). seperti mengurut leher, mengurut ketiak, menusuk sela jari kaki. Padahal si Pengair tidak tahu apa yang dilakukan dan tujuan dilakukan. Dan ayam tidak memerlukan tindakan tersebut. Hal ini membuat detak jantung tidak teratur.
Benar Pak Hendro = Intinya mendinginkan suhu badan ayam.
Seperti lazimnya botoh mengairi. yaitu usap dengan busa berair pada posisi titik panas ayam (cmiiw) seperti dada, ketiak, dubur, pangkal leher), setelah dibasahi, seka dengan busa kering (sudah diperas airnya), dan jangan sampai Bulu Sayap Basah akan mengurangi kinerja ayam naik atau melompat.
Penanganan pendarahan.
Hal ini adalah hal sulit. Kami sering kesulitan. Saran kami, jangan terlalu keras menggosok luka pendarahan karena darah punya system untuk menghentikan pendarahan. Cukup di "tutul-tutul" dengan spon/busa supaya kotoran hilang. Bersihkan luka dengan lembut disekitar wajah supaya tidak menutupi mata.
Peregangan Otot.
Berikan kesempatan waktu sejenak 15 - 20 detik kepada jagoan kita untuk berkokok, mengepakan sayap (keblak), dan Gibas (membersihkan air dibadan). untuk meregangkan otot dan menstabilkan detak jantungnya.

1. benarkah cara ngairi ayam berpengaruh kepada kemenangan ayam yg kita punya..? Betul sekali menurut kami. cmiiw
2. berapa persen pengaruhnya..? belum pernah diukur om (wak..kak..kak..) serius...kami tidak tahu.
3. Dan yg terpenting adalah bagaimana teknik dan cara yg paling benar dalam ngairi ayam pada tiap babak..? Evaluasi kondisi ayam dalam tiap babak pertarungan, cara yang paling benar kami belum menemukan ( pendapat botoh berbeda),kalo ketemu saya di beri tahu yahhh...xi..xi..cmiiw

NOTE : Kalau memang tidak bisa mengairi, Serahkan kepada yang Ahli. (kondisi Asor, Kurang PD dikalangan) jangan memaksakan ego. Berikan yang terbaik untuk jagoan kita. cmiiw

Bukan Menggurui tapi berusaha berbagi.
Newbie sekedar sumbang saran , mohon maaf apabila ada kesalahan berkata.

Salam
avatar
tetep.teges
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 466
Join date : 05.10.11
Age : 40
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  aprisyahbandi on Fri 20 Apr 2012, 09:45

tetep.teges wrote:Newbie Sumbang Saran.

"Pengairan ayam" adalah masa pemulihan tenaga
Jangan memegang ayam terlalu kaku, lama, dan berlebihan (melakukan tindakan aneh2 karena ingin dilihat orang diarena pintar, ahli). seperti mengurut leher, mengurut ketiak, menusuk sela jari kaki. Padahal si Pengair tidak tahu apa yang dilakukan dan tujuan dilakukan. Dan ayam tidak memerlukan tindakan tersebut. Hal ini membuat detak jantung tidak teratur.
Benar Pak Hendro = Intinya mendinginkan suhu badan ayam.
Seperti lazimnya botoh mengairi. yaitu usap dengan busa berair pada posisi titik panas ayam (cmiiw) seperti dada, ketiak, dubur, pangkal leher), setelah dibasahi, seka dengan busa kering (sudah diperas airnya), dan jangan sampai Bulu Sayap Basah akan mengurangi kinerja ayam naik atau melompat.
Penanganan pendarahan.
Hal ini adalah hal sulit. Kami sering kesulitan. Saran kami, jangan terlalu keras menggosok luka pendarahan karena darah punya system untuk menghentikan pendarahan. Cukup di "tutul-tutul" dengan spon/busa supaya kotoran hilang. Bersihkan luka dengan lembut disekitar wajah supaya tidak menutupi mata.
Peregangan Otot.
Berikan kesempatan waktu sejenak 15 - 20 detik kepada jagoan kita untuk berkokok, mengepakan sayap (keblak), dan Gibas (membersihkan air dibadan). untuk meregangkan otot dan menstabilkan detak jantungnya.

1. benarkah cara ngairi ayam berpengaruh kepada kemenangan ayam yg kita punya..? Betul sekali menurut kami. cmiiw
2. berapa persen pengaruhnya..? belum pernah diukur om (wak..kak..kak..) serius...kami tidak tahu.
3. Dan yg terpenting adalah bagaimana teknik dan cara yg paling benar dalam ngairi ayam pada tiap babak..? Evaluasi kondisi ayam dalam tiap babak pertarungan, cara yang paling benar kami belum menemukan ( pendapat botoh berbeda),kalo ketemu saya di beri tahu yahhh...xi..xi..cmiiw

NOTE : Kalau memang tidak bisa mengairi, Serahkan kepada yang Ahli. (kondisi Asor, Kurang PD dikalangan) jangan memaksakan ego. Berikan yang terbaik untuk jagoan kita. cmiiw

Bukan Menggurui tapi berusaha berbagi.
Newbie sekedar sumbang saran , mohon maaf apabila ada kesalahan berkata.

Salam

senang sekali lihat kutipan d halaman ini...sangat berguna informasi nya... Smile
avatar
aprisyahbandi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 166
Join date : 04.01.12
Age : 32
Lokasi : DiJalan Yang Benar 082120055117 Pin BB 22F323ED

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  Rozaqna-wahyu on Fri 20 Apr 2012, 17:37

tetep.teges wrote:Newbie Sumbang Saran.

"Pengairan ayam" adalah masa pemulihan tenaga
modem...................................................................................................
..........................................................modem
Salam

sangat bermanfaat kutipannya bang... suwun... Very Happy Very Happy Very Happy
avatar
Rozaqna-wahyu
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 658
Join date : 09.10.11
Age : 25
Lokasi : karanganyar(rmh solo) jember(tmpt kerjo) bondowoso (kosant)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  cay on Fri 20 Apr 2012, 17:58

mantaps informasinya Laughing Laughing
terima kasih banyak bang..... smoga bermanfaat tuk kita semua Very Happy Very Happy
avatar
cay
moderator
moderator

Jumlah posting : 3975
Join date : 08.11.11
Lokasi : depok PIN BB: 51CC3639

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  giman on Sun 22 Apr 2012, 13:40

weh sip pak,de makasih atas berbagi pengalaman nya....
avatar
giman

Jumlah posting : 2
Join date : 21.04.12

Kembali Ke Atas Go down

mak nyuss

Post  yani on Thu 26 Apr 2012, 12:43

Shocked Shocked
tetep.teges wrote:Newbie Sumbang Saran.

"Pengairan ayam" adalah masa pemulihan tenaga
Jangan memegang ayam terlalu kaku, lama, dan berlebihan (melakukan tindakan aneh2 karena ingin dilihat orang diarena pintar, ahli). seperti mengurut leher, mengurut ketiak, menusuk sela jari kaki. Padahal si Pengair tidak tahu apa yang dilakukan dan tujuan dilakukan. Dan ayam tidak memerlukan tindakan tersebut. Hal ini membuat detak jantung tidak teratur.
Benar Pak Hendro = Intinya mendinginkan suhu badan ayam.
Seperti lazimnya botoh mengairi. yaitu usap dengan busa berair pada posisi titik panas ayam (cmiiw) seperti dada, ketiak, dubur, pangkal leher), setelah dibasahi, seka dengan busa kering (sudah diperas airnya), dan jangan sampai Bulu Sayap Basah akan mengurangi kinerja ayam naik atau melompat.
Penanganan pendarahan.
Hal ini adalah hal sulit. Kami sering kesulitan. Saran kami, jangan terlalu keras menggosok luka pendarahan karena darah punya system untuk menghentikan pendarahan. Cukup di "tutul-tutul" dengan spon/busa supaya kotoran hilang. Bersihkan luka dengan lembut disekitar wajah supaya tidak menutupi mata.
Peregangan Otot.
Berikan kesempatan waktu sejenak 15 - 20 detik kepada jagoan kita untuk berkokok, mengepakan sayap (keblak), dan Gibas (membersihkan air dibadan). untuk meregangkan otot dan menstabilkan detak jantungnya.

1. benarkah cara ngairi ayam berpengaruh kepada kemenangan ayam yg kita punya..? Betul sekali menurut kami. cmiiw
2. berapa persen pengaruhnya..? belum pernah diukur om (wak..kak..kak..) serius...kami tidak tahu.
3. Dan yg terpenting adalah bagaimana teknik dan cara yg paling benar dalam ngairi ayam pada tiap babak..? Evaluasi kondisi ayam dalam tiap babak pertarungan, cara yang paling benar kami belum menemukan ( pendapat botoh berbeda),kalo ketemu saya di beri tahu yahhh...xi..xi..cmiiw

NOTE : Kalau memang tidak bisa mengairi, Serahkan kepada yang Ahli. (kondisi Asor, Kurang PD dikalangan) jangan memaksakan ego. Berikan yang terbaik untuk jagoan kita. cmiiw

Bukan Menggurui tapi berusaha berbagi.
Newbie sekedar sumbang saran , mohon maaf apabila ada kesalahan berkata.

Salam
avatar
yani
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 60
Join date : 25.02.10
Age : 39
Lokasi : tulungagung,jawa timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  WadukSakti on Wed 19 Dec 2012, 20:25

Rozaqna-wahyu wrote:
Hendro wrote:Kembali ke topik "ngair ayam", prinsip ngair memang untuk mendinginkan suhu badan ayam sehingga ketika beradu tidak mudah "kebakaran" sehingga sangat berpengaruh terhadap kinerja ayam, karena kulit ayam tidak berpori maka untuk mengeluarkan suhu panas biasanya ayam lewat mulut dengan membasahi kulit ayam akan membuat suhu badan ayam menjadi lebih lambat panas.....salam Smile

maaf Om hendro, kalau boleh tau tahap2 yg yg baik & benar saat ngairin bagaimana ya om.. ?? bukan brmaksud ngetest Om, tp bener2 awam saat mengairi ayam.


Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven
avatar
WadukSakti

Jumlah posting : 5
Join date : 29.11.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  paracetamol on Wed 19 Dec 2012, 23:35

be te we en de bas we wrote:kata simbok prinsipnya adalah "dingin tapi gak basah"
boss senior masa cuma prinspnya aja tolong prakktisnya buat kami yg yunior,juga cara ngair negara tetangga, salam hormat
avatar
paracetamol
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1325
Join date : 23.01.12
Lokasi : west borneo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  Jagonantang on Thu 20 Dec 2012, 09:58

topanbadai wrote:
coki wrote:yg paling enak sih....Langsung Pakai SELANG aja dan Kran Air posisi Hidup......
Lebih CEPAT........dibanding Pakai Air EMBER walau pakai ES BATU.
OK''

Hehehehe, kalo di tempat abarnya gak ada keran gimana donk mas? Batal dunk abarnya...
klo ga ada selang air ngocor, ya pakai ember penuh, ayamnya dilelepin sebatas leher, sayapnya diangkat, jangan sampai kena air. Cool Cool
avatar
Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  Kembangsawit on Thu 20 Dec 2012, 13:07

namanya juga jeda disaat bertarung, ayam biar ga kehausan dan kepanasan...kan banyak bulu jadinya sumuk..ekekeke
avatar
Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  thumper225 on Sat 22 Dec 2012, 08:52

tetep.teges wrote:Newbie Sumbang Saran.

"Pengairan ayam" adalah masa pemulihan tenaga
Jangan memegang ayam terlalu kaku, lama, dan berlebihan (melakukan tindakan aneh2 karena ingin dilihat orang diarena pintar, ahli). seperti mengurut leher, mengurut ketiak, menusuk sela jari kaki. Padahal si Pengair tidak tahu apa yang dilakukan dan tujuan dilakukan. Dan ayam tidak memerlukan tindakan tersebut. Hal ini membuat detak jantung tidak teratur.
Benar Pak Hendro = Intinya mendinginkan suhu badan ayam.
Seperti lazimnya botoh mengairi. yaitu usap dengan busa berair pada posisi titik panas ayam (cmiiw) seperti dada, ketiak, dubur, pangkal leher), setelah dibasahi, seka dengan busa kering (sudah diperas airnya), dan jangan sampai Bulu Sayap Basah akan mengurangi kinerja ayam naik atau melompat.
Penanganan pendarahan.
Hal ini adalah hal sulit. Kami sering kesulitan. Saran kami, jangan terlalu keras menggosok luka pendarahan karena darah punya system untuk menghentikan pendarahan. Cukup di "tutul-tutul" dengan spon/busa supaya kotoran hilang. Bersihkan luka dengan lembut disekitar wajah supaya tidak menutupi mata.
Peregangan Otot.
Berikan kesempatan waktu sejenak 15 - 20 detik kepada jagoan kita untuk berkokok, mengepakan sayap (keblak), dan Gibas (membersihkan air dibadan). untuk meregangkan otot dan menstabilkan detak jantungnya.

1. benarkah cara ngairi ayam berpengaruh kepada kemenangan ayam yg kita punya..? Betul sekali menurut kami. cmiiw
2. berapa persen pengaruhnya..? belum pernah diukur om (wak..kak..kak..) serius...kami tidak tahu.
3. Dan yg terpenting adalah bagaimana teknik dan cara yg paling benar dalam ngairi ayam pada tiap babak..? Evaluasi kondisi ayam dalam tiap babak pertarungan, cara yang paling benar kami belum menemukan ( pendapat botoh berbeda),kalo ketemu saya di beri tahu yahhh...xi..xi..cmiiw

NOTE : Kalau memang tidak bisa mengairi, Serahkan kepada yang Ahli. (kondisi Asor, Kurang PD dikalangan) jangan memaksakan ego. Berikan yang terbaik untuk jagoan kita. cmiiw

Bukan Menggurui tapi berusaha berbagi.
Newbie sekedar sumbang saran , mohon maaf apabila ada kesalahan berkata.

Salam
coba menjawab mas, untuk mengatasi perdarahan pasca tarung baiknya dilihat dulu apakah lukanya dalem apa engga..kalo engga dalem ( Luka Lecet ) cukup ditempel sama kain kasa dikasih antiseptik aja sudah cukup menurut saya, tp kalo dalem ( Luka Robek ) dengan volume darahnya yg banyak baiknya ya dijahit dengan benang jahit yg halus supaya perdarahannya berhenti. untuk selanjutnya diberikan antibiotik untuk pencegahan infeksi terhadap luka ayam tersebut. sehari dua kali dicek apakah luka sudah sembuh apa belum serta dikasih antiseptik. Very Happy Very Happy
mohon koreksi kalo ada kesalahan..
salam..
avatar
thumper225
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 282
Join date : 02.11.12
Age : 31
Lokasi : Kandang : Pekanbaru (Riau), Padang(Sumbar)

Kembali Ke Atas Go down

re : prinsip ngairi

Post  Echa dLangga on Sun 23 Dec 2012, 19:03

thumper225 wrote:
tetep.teges wrote:Newbie Sumbang Saran.

"Pengairan ayam" adalah masa pemulihan tenaga
Jangan memegang ayam terlalu kaku, lama, dan berlebihan (melakukan tindakan aneh2 karena ingin dilihat orang diarena pintar, ahli). seperti mengurut leher, mengurut ketiak, menusuk sela jari kaki. Padahal si Pengair tidak tahu apa yang dilakukan dan tujuan dilakukan. Dan ayam tidak memerlukan tindakan tersebut. Hal ini membuat detak jantung tidak teratur.
Benar Pak Hendro = Intinya mendinginkan suhu badan ayam.
Seperti lazimnya botoh mengairi. yaitu usap dengan busa berair pada posisi titik panas ayam (cmiiw) seperti dada, ketiak, dubur, pangkal leher), setelah dibasahi, seka dengan busa kering (sudah diperas airnya), dan jangan sampai Bulu Sayap Basah akan mengurangi kinerja ayam naik atau melompat.
Penanganan pendarahan.
Hal ini adalah hal sulit. Kami sering kesulitan. Saran kami, jangan terlalu keras menggosok luka pendarahan karena darah punya system untuk menghentikan pendarahan. Cukup di "tutul-tutul" dengan spon/busa supaya kotoran hilang. Bersihkan luka dengan lembut disekitar wajah supaya tidak menutupi mata.
Peregangan Otot.
Berikan kesempatan waktu sejenak 15 - 20 detik kepada jagoan kita untuk berkokok, mengepakan sayap (keblak), dan Gibas (membersihkan air dibadan). untuk meregangkan otot dan menstabilkan detak jantungnya.

1. benarkah cara ngairi ayam berpengaruh kepada kemenangan ayam yg kita punya..? Betul sekali menurut kami. cmiiw
2. berapa persen pengaruhnya..? belum pernah diukur om (wak..kak..kak..) serius...kami tidak tahu.
3. Dan yg terpenting adalah bagaimana teknik dan cara yg paling benar dalam ngairi ayam pada tiap babak..? Evaluasi kondisi ayam dalam tiap babak pertarungan, cara yang paling benar kami belum menemukan ( pendapat botoh berbeda),kalo ketemu saya di beri tahu yahhh...xi..xi..cmiiw

NOTE : Kalau memang tidak bisa mengairi, Serahkan kepada yang Ahli. (kondisi Asor, Kurang PD dikalangan) jangan memaksakan ego. Berikan yang terbaik untuk jagoan kita. cmiiw

Bukan Menggurui tapi berusaha berbagi.
Newbie sekedar sumbang saran , mohon maaf apabila ada kesalahan berkata.

Salam
coba menjawab mas, untuk mengatasi perdarahan pasca tarung baiknya dilihat dulu apakah lukanya dalem apa engga..kalo engga dalem ( Luka Lecet ) cukup ditempel sama kain kasa dikasih antiseptik aja sudah cukup menurut saya, tp kalo dalem ( Luka Robek ) dengan volume darahnya yg banyak baiknya ya dijahit dengan benang jahit yg halus supaya perdarahannya berhenti. untuk selanjutnya diberikan antibiotik untuk pencegahan infeksi terhadap luka ayam tersebut. sehari dua kali dicek apakah luka sudah sembuh apa belum serta dikasih antiseptik. Very Happy Very Happy
mohon koreksi kalo ada kesalahan..
salam..

mas ini ndak nyimak dari awal kah?
ini penanganan dalam kondisi ronde berjalan alias sementara tarung!!!
bukan afternya.................
avatar
Echa dLangga
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 110
Join date : 07.11.12
Lokasi : Makassar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  UNYIL.tawaang on Sun 23 Dec 2012, 23:19

info bang tetep muantap..........senior yg lain mungkin msh malu2 berbagi ilmu..... Laughing Laughing Laughing
avatar
UNYIL.tawaang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 97
Join date : 10.10.12
Lokasi : Tawaang,kab.Minsel,sulut

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  bontangf1_mania on Wed 06 Feb 2013, 07:19

budiart wrote:salah kukuruyuk.... rekan2 papaji yang terormat.... saya mau bertanya hal yang mungkin pertanyaan sy ini dasar sekali buat rekan2 tp sy belum tau benar.....
Dalam berbagai pertarungan di laga ayam petarung sampai saat ini sy masih bertanya2 tentang cara ngairi ayam yg bener bagaimana?? benarkah cara ngairi ayam berpengaruh kepada kemenangan ayam yg kita punya?? berapa persen pengaruhnya?? Dan yg terpenting adalah bagaimana teknik dan cara yg paling benar dalam ngairi ayam pada tiap babak??? Mohon bantuan dari temen2 yang pengalaman dalah hal ngairin ayam.... Question Question Question
ENAK KL GA NGAIR MAS,HE,HE
avatar
bontangf1_mania
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 144
Join date : 02.12.12
Age : 35
Lokasi : bontang kalitm

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  aragon on Sat 09 Feb 2013, 13:45

Echa dLangga wrote:
thumper225 wrote:
tetep.teges wrote:Newbie Sumbang Saran.

"Pengairan ayam" adalah masa pemulihan tenaga
Jangan memegang ayam terlalu kaku, lama, dan berlebihan (melakukan tindakan aneh2 karena ingin dilihat orang diarena pintar, ahli). seperti mengurut leher, mengurut ketiak, menusuk sela jari kaki. Padahal si Pengair tidak tahu apa yang dilakukan dan tujuan dilakukan. Dan ayam tidak memerlukan tindakan tersebut. Hal ini membuat detak jantung tidak teratur.
Benar Pak Hendro = Intinya mendinginkan suhu badan ayam.
Seperti lazimnya botoh mengairi. yaitu usap dengan busa berair pada posisi titik panas ayam (cmiiw) seperti dada, ketiak, dubur, pangkal leher), setelah dibasahi, seka dengan busa kering (sudah diperas airnya), dan jangan sampai Bulu Sayap Basah akan mengurangi kinerja ayam naik atau melompat.
Penanganan pendarahan.
Hal ini adalah hal sulit. Kami sering kesulitan. Saran kami, jangan terlalu keras menggosok luka pendarahan karena darah punya system untuk menghentikan pendarahan. Cukup di "tutul-tutul" dengan spon/busa supaya kotoran hilang. Bersihkan luka dengan lembut disekitar wajah supaya tidak menutupi mata.
Peregangan Otot.
Berikan kesempatan waktu sejenak 15 - 20 detik kepada jagoan kita untuk berkokok, mengepakan sayap (keblak), dan Gibas (membersihkan air dibadan). untuk meregangkan otot dan menstabilkan detak jantungnya.

1. benarkah cara ngairi ayam berpengaruh kepada kemenangan ayam yg kita punya..? Betul sekali menurut kami. cmiiw
2. berapa persen pengaruhnya..? belum pernah diukur om (wak..kak..kak..) serius...kami tidak tahu.
3. Dan yg terpenting adalah bagaimana teknik dan cara yg paling benar dalam ngairi ayam pada tiap babak..? Evaluasi kondisi ayam dalam tiap babak pertarungan, cara yang paling benar kami belum menemukan ( pendapat botoh berbeda),kalo ketemu saya di beri tahu yahhh...xi..xi..cmiiw

NOTE : Kalau memang tidak bisa mengairi, Serahkan kepada yang Ahli. (kondisi Asor, Kurang PD dikalangan) jangan memaksakan ego. Berikan yang terbaik untuk jagoan kita. cmiiw

Bukan Menggurui tapi berusaha berbagi.
Newbie sekedar sumbang saran , mohon maaf apabila ada kesalahan berkata.

Salam
coba menjawab mas, untuk mengatasi perdarahan pasca tarung baiknya dilihat dulu apakah lukanya dalem apa engga..kalo engga dalem ( Luka Lecet ) cukup ditempel sama kain kasa dikasih antiseptik aja sudah cukup menurut saya, tp kalo dalem ( Luka Robek ) dengan volume darahnya yg banyak baiknya ya dijahit dengan benang jahit yg halus supaya perdarahannya berhenti. untuk selanjutnya diberikan antibiotik untuk pencegahan infeksi terhadap luka ayam tersebut. sehari dua kali dicek apakah luka sudah sembuh apa belum serta dikasih antiseptik. Very Happy Very Happy
mohon koreksi kalo ada kesalahan..
salam..

mas ini ndak nyimak dari awal kah?
ini penanganan dalam kondisi ronde berjalan alias sementara tarung!!!
bukan afternya.................


hik,xi,xi,xik,....br bangun tidur ni gk nyimak dr awal,..... Sleep Sleep Sleep :sleep:kyak anggota dewan pas lg rapat....
avatar
aragon
kopral
kopral

Jumlah posting : 40
Join date : 07.02.13
Age : 39
Lokasi : kediri jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  jauhari on Fri 15 Feb 2013, 12:49

nambahi dikit, airnya harus bersih
kalo bisa yg layak diminum manusia
jgn terima air dr orang laen yg tidak anda kenal, takutnya dicampur obat bius heheheheee...
maaf krna belum berpengalaman jadinya cuma bisa nambahi itu
avatar
jauhari
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 285
Join date : 21.10.12
Age : 27
Lokasi : Banyuwangi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  Hercules on Sat 16 Feb 2013, 21:47

jauhari wrote:nambahi dikit, airnya harus bersih
kalo bisa yg layak diminum manusia
jgn terima air dr orang laen yg tidak anda kenal, takutnya dicampur obat bius heheheheee...
maaf krna belum berpengalaman jadinya cuma bisa nambahi itu
Untuk menjaga hal2 yg tidak diinginkan memang lebih baik begitu
Bawa sebotol aqua isi 2 liter kan sudah cukup ..
avatar
Hercules
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 114
Join date : 10.01.13
Lokasi : Banyumas

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  Kembangsawit on Mon 18 Feb 2013, 13:46

budiart wrote:salah kukuruyuk.... rekan2 papaji yang terormat.... saya mau bertanya hal yang mungkin pertanyaan sy ini dasar sekali buat rekan2 tp sy belum tau benar.....
Dalam berbagai pertarungan di laga ayam petarung sampai saat ini sy masih bertanya2 tentang cara ngairi ayam yg bener bagaimana?? benarkah cara ngairi ayam berpengaruh kepada kemenangan ayam yg kita punya?? berapa persen pengaruhnya?? Dan yg terpenting adalah bagaimana teknik dan cara yg paling benar dalam ngairi ayam pada tiap babak??? Mohon bantuan dari temen2 yang pengalaman dalah hal ngairin ayam.... Question Question Question

1. kepala basahi perlahan tidak sampai basah kuyup.
2. rawis leher singkap basahi kulitnya saja perlahan, busa peras pelan-pelan.
3. ketiak ayam basahi sedikit2, perlahan. busa peras perlahan agar air mengalir halus di kulit ketiak ayamnya..dilakukan berulang - ulang sampai dirasa sudah cukup.
4. dada ayam mulai tembolok hingga kulit bawah tubuh, usap perlahan dengan busa yang kemudian diperas perlahan agar air mengalir secara halus melalui kulit ayam tersebut hingga terasa cukup.
5. pangkal ekor yang ada seperti daging tumbuh kecil tersebut, basahi dengan busa yang diperas perlahan sehingga air mengalir melalui kulit pangkal ekor tersebut lakukan hingga dirasa cukup.
6. anus ayam beri air melalui busa yang diperas secara perlahan, sampai dirasakan cukup.
7. berikan minum ayam secukupnya kemudian perlahan koroklah ayam agar tidak ada lendir yang bisa menggangu jalan nafas ayam tersebut, secara perlahan.
8. usaplah sisa air yang membasahi tubuh ayam tersebut perlahan hingga kadar air yang terdapat pada bulu berkurang.
9. dan perlu diingat jangan sampai sayap, punggung dan rawis ayam basah, karena akan membuat ayam berat saat pukul, karena airan pertama itulah yang menentukan kekuatan ayam dalam mengatur suhu tubuhnya sehingga ayam akan mampu bertahan dalam tempo yang lama dan tidak kepanasan serta nafas tidak kedodoran akibat kobong karena salah dalam airan pertama tersebut.
avatar
Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  Koplak on Mon 18 Feb 2013, 15:02

Kembangsawit wrote:
budiart wrote:salah kukuruyuk.... rekan2 papaji yang terormat.... saya mau bertanya hal yang mungkin pertanyaan sy ini dasar sekali buat rekan2 tp sy belum tau benar.....
Dalam berbagai pertarungan di laga ayam petarung sampai saat ini sy masih bertanya2 tentang cara ngairi ayam yg bener bagaimana?? benarkah cara ngairi ayam berpengaruh kepada kemenangan ayam yg kita punya?? berapa persen pengaruhnya?? Dan yg terpenting adalah bagaimana teknik dan cara yg paling benar dalam ngairi ayam pada tiap babak??? Mohon bantuan dari temen2 yang pengalaman dalah hal ngairin ayam.... Question Question Question

1. kepala basahi perlahan tidak sampai basah kuyup.
2. rawis leher singkap basahi kulitnya saja perlahan, busa peras pelan-pelan.
3. ketiak ayam basahi sedikit2, perlahan. busa peras perlahan agar air mengalir halus di kulit ketiak ayamnya..dilakukan berulang - ulang sampai dirasa sudah cukup.
4. dada ayam mulai tembolok hingga kulit bawah tubuh, usap perlahan dengan busa yang kemudian diperas perlahan agar air mengalir secara halus melalui kulit ayam tersebut hingga terasa cukup.
5. pangkal ekor yang ada seperti daging tumbuh kecil tersebut, basahi dengan busa yang diperas perlahan sehingga air mengalir melalui kulit pangkal ekor tersebut lakukan hingga dirasa cukup.
6. anus ayam beri air melalui busa yang diperas secara perlahan, sampai dirasakan cukup.
7. berikan minum ayam secukupnya kemudian perlahan koroklah ayam agar tidak ada lendir yang bisa menggangu jalan nafas ayam tersebut, secara perlahan.
8. usaplah sisa air yang membasahi tubuh ayam tersebut perlahan hingga kadar air yang terdapat pada bulu berkurang.
9. dan perlu diingat jangan sampai sayap, punggung dan rawis ayam basah, karena akan membuat ayam berat saat pukul, karena airan pertama itulah yang menentukan kekuatan ayam dalam mengatur suhu tubuhnya sehingga ayam akan mampu bertahan dalam tempo yang lama dan tidak kepanasan serta nafas tidak kedodoran akibat kobong karena salah dalam airan pertama tersebut.

Pakar rawatan kering nih...

Gimana mas kecap,, bagusan di airin atau tidak?
avatar
Koplak
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 344
Join date : 04.10.12
Lokasi : Bangka

Kembali Ke Atas Go down

Re: Misteri dibalik ngairin ayam.....

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik