Adakah penyakit jantung pada ayam??

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  doel_bakul_ayam on Wed 29 Feb 2012, 08:28

Assalamualaikum wr.wb.
Salam Sejahtera bagi kita semua..

Tolong pendapat kepada teman teman tentang ayamku ini..
Alkisah : Saya punya ayam umur 8 bulan, sudah diabar 3 kali dengan durasi tiap abar antara 5 menit sampai yang terakhir 2 air..

tragedi pada abaran keempat,, ayam belum tumpang, belum kepukul sama sekali dan sudah mukul dengan telak dibagian kepala lawan tiba tiba ayam sempoyongan dan langsung mati..! why?? adapakah dengan ayamku?? Sad Sad Sad Sad Sad
pikiran pertama ayamku kena penyakit wabah,, tapi ayam sudah mati satu minggu berlalu kok semua ayam dikandang sehat walafiat. berarti pikioran saya kalau ayam saya kena wabah adalah keliru cz semua sodara sodaranya dikandang masih sehat walafiat..
saya tanya teman katannya kena serangan jantung.. benarkah?? atau ada penyakit lain??

Mohon pendapatnya... suwun..

doel_bakul_ayam
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 139
Join date : 22.09.10
Age : 34
Lokasi : jepara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  Lock Thea on Wed 29 Feb 2012, 08:36

Prnh dnger kta botoh kampung,kalo ayam ad mslh di jantungx jgnkn di gebrak,bru diumbar bebas aja muka lngsg mmbiru...!Trlpas dr bnr ato ngganya,mngkin senior ad yg tau..!

Lock Thea
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 2091
Join date : 24.07.11
Age : 31
Lokasi : Kuningan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  litato on Wed 29 Feb 2012, 08:43

kalau di peternakan ayam pedaging sih adik saya (lulusan UNSOED BAGIAN ANGON SAPI) pernah cerita bahwa ayam itu gampang kaget ... jadi hal biasa kalau ada yang masuk mendadak atau suara gaduh ... entar ada satu dua ayam yang matot ...

kalau ayam bangkok ... saya baru denger skg ... apa kebanyakan obatobatan (kerja jantung lebih cepat)Question

litato
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1836
Join date : 28.11.11
Age : 43
Lokasi : Brebe$$$

http://ayambangkok.info

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  doel_bakul_ayam on Wed 29 Feb 2012, 08:46

Lock Thea wrote:Prnh dnger kta botoh kampung,kalo ayam ad mslh di jantungx jgnkn di gebrak,bru diumbar bebas aja muka lngsg mmbiru...!Trlpas dr bnr ato ngganya,mngkin senior ad yg tau..!

Kata teman si juga seperti itu mas.. tapi saya belum mantap cz ayam dalam keadaan sehat, nafsu makan tinggi, badan mempeng, kluruk juga oke.. kotoran normal...

doel_bakul_ayam
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 139
Join date : 22.09.10
Age : 34
Lokasi : jepara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  doel_bakul_ayam on Wed 29 Feb 2012, 08:49

litato wrote:kalau di peternakan ayam pedaging sih adik saya (lulusan UNSOED BAGIAN ANGON SAPI) pernah cerita bahwa ayam itu gampang kaget ... jadi hal biasa kalau ada yang masuk mendadak atau suara gaduh ... entar ada satu dua ayam yang matot ...

kalau ayam bangkok ... saya baru denger skg ... apa kebanyakan obatobatan (kerja jantung lebih cepat)Question

suwun mas,, tapi saya tidak pernah menggunakan dopping pada ayam ayam saya.. paling hanya vitamin C dan B dan Kalk. Question Question

doel_bakul_ayam
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 139
Join date : 22.09.10
Age : 34
Lokasi : jepara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  Lock Thea on Wed 29 Feb 2012, 08:57

doel_bakul_ayam wrote:
Lock Thea wrote:

ayam dalam keadaan sehat, nafsu makan tinggi, badan mempeng, kluruk juga oke.. kotoran normal...

emg indikatornya bukan sprti itu mas,sprti halnya wabah yg marak di bln2 kmrn..!hm...ga jarang pagi brkokok malmx udh gbz bangun,besokx udah mati mmbiru dgn ktoran yg ijo brkerak putih dan mulut kluar lndir brcmpur darah...!Pdhl klo qt jeli,shari sblmx udh bz diliat dr tmbolokx yg agak melunak...!

Lock Thea
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 2091
Join date : 24.07.11
Age : 31
Lokasi : Kuningan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  doel_bakul_ayam on Wed 29 Feb 2012, 09:04

Lock Thea wrote:
doel_bakul_ayam wrote:
Lock Thea wrote:

ayam dalam keadaan sehat, nafsu makan tinggi, badan mempeng, kluruk juga oke.. kotoran normal...

emg indikatornya bukan sprti itu mas,sprti halnya wabah yg marak di bln2 kmrn..!hm...ga jarang pagi brkokok malmx udh gbz bangun,besokx udah mati mmbiru dgn ktoran yg ijo brkerak putih dan mulut kluar lndir brcmpur darah...!Pdhl klo qt jeli,shari sblmx udh bz diliat dr tmbolokx yg agak melunak...!

Jadi memang kesimpulane serangan jantung ya om???

doel_bakul_ayam
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 139
Join date : 22.09.10
Age : 34
Lokasi : jepara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  didik adi on Wed 29 Feb 2012, 11:09

doel_bakul_ayam wrote:
Lock Thea wrote:
doel_bakul_ayam wrote:
Lock Thea wrote:

ayam dalam keadaan sehat, nafsu makan tinggi, badan mempeng, kluruk juga oke.. kotoran normal...

emg indikatornya bukan sprti itu mas,sprti halnya wabah yg marak di bln2 kmrn..!hm...ga jarang pagi brkokok malmx udh gbz bangun,besokx udah mati mmbiru dgn ktoran yg ijo brkerak putih dan mulut kluar lndir brcmpur darah...!Pdhl klo qt jeli,shari sblmx udh bz diliat dr tmbolokx yg agak melunak...!

Jadi memang kesimpulane serangan jantung ya om???
mungkin memang bener ayam bisa mati kena serangan jantung, kan namanya makhluk hidup berjantung bisa kena serangan jantung juga.
cuma meski ayam tampak sehat dari luar, kadang kita tidak tahu ada kelainan di jantungnya..(bebrapa hari yg lalu ayamku juga baru diabar sekitar 1 menit , belom adu pukul dah koit...)

didik adi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 511
Join date : 20.05.11
Lokasi : weleri, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  ari delta on Wed 29 Feb 2012, 12:02

scratch scratch scratch Kok bisa bgitu ya..

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 32
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  sakuraba on Wed 29 Feb 2012, 14:04

doel_bakul_ayam wrote:Assalamualaikum wr.wb.
Salam Sejahtera bagi kita semua..

Tolong pendapat kepada teman teman tentang ayamku ini..
Alkisah : Saya punya ayam umur 8 bulan, sudah diabar 3 kali dengan durasi tiap abar antara 5 menit sampai yang terakhir 2 air..

tragedi pada abaran keempat,, ayam belum tumpang, belum kepukul sama sekali dan sudah mukul dengan telak dibagian kepala lawan tiba tiba ayam sempoyongan dan langsung mati..! why?? adapakah dengan ayamku?? Sad Sad Sad Sad Sad
pikiran pertama ayamku kena penyakit wabah,, tapi ayam sudah mati satu minggu berlalu kok semua ayam dikandang sehat walafiat. berarti pikioran saya kalau ayam saya kena wabah adalah keliru cz semua sodara sodaranya dikandang masih sehat walafiat..
saya tanya teman katannya kena serangan jantung.. benarkah?? atau ada penyakit lain??

Mohon pendapatnya... suwun..
salam mas.
bisa jd kena serangan jantung bisa jd karena sakit yg laen mas.
klo saya pribadi pernah mengalami ayam kena serangan jantung.
ayam lg di umbar tau2 kelojotan trus mati.
saking penasarannya ayam tersebut langsuang saya bedah.
dan ternyata betul mas, jantungnya membesar jd sebesar buah jambe dah berwarna merah pekat.
dan ketika jantung tersebut saya colok pake ujung pisau ternyata langsung pecah dan mengalir darah segar.
jd berdasar pengalaman saya memang betul ada ayam kena serangan jantung karena saya sdh 3x mengalami hal seperti itu dan 1 ayam langsung saya bedah.
klo penjelasan berdasarkan ilmu yang sesuai mungkin rekan2 dibawah bisa menambahkan.
salam


sakuraba
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 498
Join date : 22.08.08
Age : 37
Lokasi : Demak (08112703701) pin 2A46E4C7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  coki on Thu 01 Mar 2012, 01:21

doel_bakul_ayam wrote:Assalamualaikum wr.wb.
Salam Sejahtera bagi kita semua..

Tolong pendapat kepada teman teman tentang ayamku ini..
Alkisah : Saya punya ayam umur 8 bulan, sudah diabar 3 kali dengan durasi tiap abar antara 5 menit sampai yang terakhir 2 air..

tragedi pada abaran keempat,, ayam belum tumpang, belum kepukul sama sekali dan sudah mukul dengan telak dibagian kepala lawan tiba tiba ayam sempoyongan dan langsung mati..! why?? adapakah dengan ayamku?? Sad Sad Sad Sad Sad
pikiran pertama ayamku kena penyakit wabah,, tapi ayam sudah mati satu minggu berlalu kok semua ayam dikandang sehat walafiat. berarti pikioran saya kalau ayam saya kena wabah adalah keliru cz semua sodara sodaranya dikandang masih sehat walafiat..
saya tanya teman katannya kena serangan jantung.. benarkah?? atau ada penyakit lain??

Mohon pendapatnya... suwun..
Bukan Ayam si-Mas Bro yg Jantungan
Tapi
Lawannya Kali Yang MukuL di Urat Jantung Mas....
Barangkali aja Razz
OK''

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 35
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  Hendro on Thu 01 Mar 2012, 05:38

doel_bakul_ayam wrote:Assalamualaikum wr.wb.
Salam Sejahtera bagi kita semua..

Tolong pendapat kepada teman teman tentang ayamku ini..
Alkisah : Saya punya ayam umur 8 bulan, sudah diabar 3 kali dengan durasi tiap abar antara 5 menit sampai yang terakhir 2 air..

tragedi pada abaran keempat,, ayam belum tumpang, belum kepukul sama sekali dan sudah mukul dengan telak dibagian kepala lawan tiba tiba ayam sempoyongan dan langsung mati..! why?? adapakah dengan ayamku?? Sad Sad Sad Sad Sad
pikiran pertama ayamku kena penyakit wabah,, tapi ayam sudah mati satu minggu berlalu kok semua ayam dikandang sehat walafiat. berarti pikioran saya kalau ayam saya kena wabah adalah keliru cz semua sodara sodaranya dikandang masih sehat walafiat..
saya tanya teman katannya kena serangan jantung.. benarkah?? atau ada penyakit lain??

Mohon pendapatnya... suwun..

Kejadian yang sama persis pernah saya alami ketika ngadu dan latihan abar, waktu ngadu (ayam sudah pernah menang 5x) ayam baru fase abaran belum 1 menit dan belum terpukul akurat tiba2 roboh kelojotan sebentar bunyi koook dan langsung mati tidak ada tanda2 ayam sakit atau kena pukul berat......kejadian waktu latihan abar juga demikian (dengan ayam mas Fajar alias mbah Jendro/Wiku/Ayam uruk/Goes win) baru fase abaran sekitar 1 menit ayam lemas dan mati.....karena penasaran saya ganti ayam lain dengan lawan yang sama ternyata setelah beradu pukul 1 airan ayam pengganti tidak mengalami hal yang sama justru lawannya yang diangkat............dari kejadian tersebut saya juga menyimpulkan mungkin ayam terkena serangan jantung
Disebuah arena juga pernah 2x saya melihat kejadian demikian sekalipun bukan diawal rode tetapi sudah masuk ronde ke 3, ayam yang dalam posisi unggul jauh tiba2 lemas dan mati bahkan ada yang mati ketika di fase airan ketika ayam lawan sudah kabur tetapi tertolong bel, sehingga sempat bikin kacau dan tegang antara para pemilik dan petaruh.........

Salam scratch drunken pirat

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7336
Join date : 06.08.09
Age : 48
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  doel_bakul_ayam on Thu 01 Mar 2012, 11:28

coki wrote:
doel_bakul_ayam wrote:Assalamualaikum wr.wb.
Salam Sejahtera bagi kita semua..

Tolong pendapat kepada teman teman tentang ayamku ini..
Alkisah : Saya punya ayam umur 8 bulan, sudah diabar 3 kali dengan durasi tiap abar antara 5 menit sampai yang terakhir 2 air..

tragedi pada abaran keempat,, ayam belum tumpang, belum kepukul sama sekali dan sudah mukul dengan telak dibagian kepala lawan tiba tiba ayam sempoyongan dan langsung mati..! why?? adapakah dengan ayamku?? Sad Sad Sad Sad Sad
pikiran pertama ayamku kena penyakit wabah,, tapi ayam sudah mati satu minggu berlalu kok semua ayam dikandang sehat walafiat. berarti pikioran saya kalau ayam saya kena wabah adalah keliru cz semua sodara sodaranya dikandang masih sehat walafiat..
saya tanya teman katannya kena serangan jantung.. benarkah?? atau ada penyakit lain??

Mohon pendapatnya... suwun..
Bukan Ayam si-Mas Bro yg Jantungan
Tapi
Lawannya Kali Yang MukuL di Urat Jantung Mas....
Barangkali aja Razz
OK''

Ayam belum tumpang pak kaji.. sehabis mukul langsung kejang dan mati...

doel_bakul_ayam
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 139
Join date : 22.09.10
Age : 34
Lokasi : jepara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  doel_bakul_ayam on Thu 01 Mar 2012, 11:33

Dari berbagai pendapat para teman, sanak dan handai tolan, bisa disimpulkan bahwa memang ayam saya kena serangan jantung... dan pertanyaan selanjutnya... Bagaimana langkah langkah untuk menghindari kejadian tersebut terulang kembali??? ada ramuan khususkah?? atau ada olahraga khusus untuk menghindari kejadian tersebut... suwun... Question Question Question

doel_bakul_ayam
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 139
Join date : 22.09.10
Age : 34
Lokasi : jepara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  bunsun on Thu 01 Mar 2012, 11:35

Tsalam Papaji
saya belum spendapat saya bila ayam ada 'sakit jantung' mungkin istilahnya atau sebutannya saja, karena belum pernah saya baca literatur mengenai sakit jantung pada ayam, apakah kegemukan atau disebabkan lain hal. namun saya pernah mengalami ayam saat diadu mati dengan kondisi jengger dan kulit muka membiru, pada saat itu ayam saya periksa dan bedah, kesimpulan sementara saya, ayam saya kena pukul dipangkal antara pernafasan dan tenggorokan, istilahnya tercekat sehingga kesulitan bernafas, sehingga suply oksigen jantung terputus, dan pembuluh darah bekerja lebih 'berat' untuk mendapatkan oksigen dan akhirnya mengalami pecah pembuluh darah.

bunsun
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 194
Join date : 16.02.12
Age : 44
Lokasi : Palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  doel_bakul_ayam on Thu 01 Mar 2012, 11:38

bunsun wrote:Tsalam Papaji
saya belum spendapat saya bila ayam ada 'sakit jantung' mungkin istilahnya atau sebutannya saja, karena belum pernah saya baca literatur mengenai sakit jantung pada ayam, apakah kegemukan atau disebabkan lain hal. namun saya pernah mengalami ayam saat diadu mati dengan kondisi jengger dan kulit muka membiru, pada saat itu ayam saya periksa dan bedah, kesimpulan sementara saya, ayam saya kena pukul dipangkal antara pernafasan dan tenggorokan, istilahnya tercekat sehingga kesulitan bernafas, sehingga suply oksigen jantung terputus, dan pembuluh darah bekerja lebih 'berat' untuk mendapatkan oksigen dan akhirnya mengalami pecah pembuluh darah.

Suwun mas bro bungsun.. tapi ayam saya sama sekali belum kepukul mas.. belum tumpang,,, malah ayam saya sudah mukul satu kali dari depan dan langsung loncat loncat trus mati.... kemudian saya periksa di seluruh tubuh ayam sama sekali tidak ada luka atau memar.. piye jal???? Question Question Question Question

doel_bakul_ayam
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 139
Join date : 22.09.10
Age : 34
Lokasi : jepara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  harno on Fri 02 Mar 2012, 15:09

Mungkin untuk kasus ini yang lebih tepat adalah serangan jantung, sebuah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi. Kondisi ini biasanya terjadi mendadak, dan sering disebut gagal jantung. Penyebab gagal jantung bervariasi, namun penyebab utamanya biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, oleh karena pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras, entah oleh karena lemak dan kolesterol, ataupun oleh karena zat-zat kimia seperti penggunaan obat yang berlebihan yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa), nikotin.

Arterosklerosis ("pemampatan pembuluh arteri"). Hal tersebut seperti arhyitmia fatal, serangan jantung, atau stroke, yang menyababkannya mati tiba-tiba tanpa mengalami penderitaan.

Penyakit genetik atau semacam radang level rendah (dapat dideteksi pada unggas) bahwa hal tersebut berhubungan dengan penyakit jantung yang wajar seperti halnya yang terjadi pada manusia.

harno
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 03.02.11
Age : 44
Lokasi : Sukoharjo - Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  Bin_Rooster on Tue 22 May 2012, 19:21

Kalo punya jantung ya bisa kena penyakit jantung Mas. Very Happy

Bin_Rooster
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 230
Join date : 28.04.12
Lokasi : Klaten

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  klawu wiring on Tue 22 May 2012, 22:07

doel_bakul_ayam wrote:Dari berbagai pendapat para teman, sanak dan handai tolan, bisa disimpulkan bahwa memang ayam saya kena serangan jantung... dan pertanyaan selanjutnya... Bagaimana langkah langkah untuk menghindari kejadian tersebut terulang kembali??? ada ramuan khususkah?? atau ada olahraga khusus untuk menghindari kejadian tersebut... suwun... Question Question Question

bagaimana menolong orang yg sakit jantung...
bagaimana mengenali tanda-tanda jantung-an...
apakah contoh beberapa orang meninggal di lapangan bola/futsal karena tidak tahu tanda2x/ pertolongan terlambat.

kalau merawat orang yg pernah sakit jantung malah ada RS nya tuh...
tapi yg tiba-tiba kena & lsg fatal........................ ya..isded

manusia saja tidak bisa menghindari.... apalagi hewan ternak & binatang lain

klawu wiring
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 685
Join date : 25.01.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  erick ken on Wed 23 May 2012, 10:53

minggu kemarin 1 lancurku mati mendadak saat saya turunkan dari bok untuk dikepar tiba2 jatuh dg muka membiru padahal ayam sehat banget...menurut teman sehobi daerah saya, memang banyak kejadian sperti ini. mungkin memang ada penyakit jantung pada ayam hehehe saya saja bingung sendiri waktu melihatnya mungkin udah umurnya.... Laughing Laughing

erick ken
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 999
Join date : 03.11.11
Lokasi : Tangerang n Jak-bar - PIN 582f7856

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  Sedap on Fri 25 May 2012, 23:02

Dari makanan juga bisa mas. Jgn terlalu bnyk dikasi makanan yang mengandung lemak tinggi (contohnya voer babi).

Sedap
kopral
kopral

Jumlah posting : 25
Join date : 15.05.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  si baret on Sat 26 May 2012, 06:37

Ya namanya juga umur.. kita gatau..hehehe..
setau saya Om Ringgas pernah juga tuh kaya begini ayamnya , bahkan sempet di videokan. Ayam tiba2 roboh tanpa terkena pukulan yang berarti, klo dianalogikan ke manusia sih memang mirip sekali dengan serangan jantung. Apalagi setelah mendengar cerita dari rekan2 semua Very Happy

si baret
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 364
Join date : 05.03.11
Lokasi : jakarta, Bintara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  apang rembo on Sat 26 May 2012, 14:13

seperti manusia ayam juga punya jantung,dan ayam juga bisa sakit di jantungnya,dalam keadaan ayam bertarung kita belum bisa menyimpulkn ayam mati karena gagal jantung,saat bertarung banyak pukuan yg mendarat ketubuh ayam itu,sebenarnya banyak syaraf di tubuh ayam khususnya di kepala yg sensitip,bisa jadi pukulan lawan mengenai daerah syarafnya,tp bisa jg itu gagal di jantungnya,seandainya melihat pastinya saya bisa berikan info yg lebih lagi

apang rembo
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 24.05.12
Lokasi : sukoharjo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  Saptasahid on Sat 26 May 2012, 18:29

kejadian yg sama nih,, tadi sore ayam saya juga gitu ,, pagi segar bugar ,, siang'y segar bugar ,, pas sore'y dihadapan mata kepala saya sendiri ayam roboh begitu saja kejang2 dan langsung mati ...

Saptasahid
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 262
Join date : 12.04.12
Age : 29
Lokasi : Martapura Kal-Sel

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  ulumudin on Tue 29 May 2012, 18:03

yang namanya umur kan cuma tuhan yang tau Very Happy

bukan begitu mas mas Razz Razz

ulumudin
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 98
Join date : 05.12.11
Lokasi : jatiasih-bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Adakah penyakit jantung pada ayam??

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik