Mengatasi Dubur Ayam Yang Keluar

Go down

Mengatasi Dubur Ayam Yang Keluar

Post  HOKICELALU77 on Thu 18 Jan 2018, 13:39

Mungkin berita mengenai masalah dubur ayam sangat jarang kita jumpai. Sebenarnya dubur yang keluar merupakan hal yang sangat serius.



Agen Sabung Ayam - Sebelum dijelaskan kepokok bahasan kali ini sebaiknya kita harus mengetahui penyebab Dubur bisa keluar. Biasanya yang sering terjadi pada ayam betina muda. Kenapa bisa terjadi pada betina muda??

Penyebab Dubur Ayam Yang Keluar
Sebelum usianya ayam betina sudah bertelur -  Ayam yang seharusnya belum bertelur namun kenyataannya ayam sudah bertelur. Hal demikian dapat terjadi karena faktor pakan yang berlebihan gizi yang membuatnya membentuk cangkang telur. Ketika telur sudah dikeluarkan namun jaringan pengikat pada bagian dubur ayam belum begitu sempurna untuk betina yang masih muda. Jadi pada intinya dubur dapat keluar bersamaan dengan telur yang dikeluarkan dan tidak dapat masuk kembali akibat belum adanya jaringan pengikat.
Kelebihan Kalsium Dan Protein - Selain faktor umur ayam, penyebab dari dubur yang keluar karena kalsium dan protein yang tinggi. Telur yang dihasilkan oleh ayam dibentuk dari adanya kalsium dan protein. Yang mana kalsium untuk pembentukan cangkang telur sedangkan protein menghasilkan telur putih. Semakin besarnya kandungan kedua gizi ini akan membuat telur semakin besar. Bandar Sabung Ayam
Jika Dubur sudah keluar sebaiknya ayam dipisahkan dari ayam lain agar tidak dipatuk. Bila ayamnya masih memiliki telur sebaiknya dipecahkan didalam baru dikeluarkan. Sebab dubur ayam yang sudah keluar dan dipaksa untuk bertelur lagi maka akan berakibat fatal dan menyebabkan kematian.

Bagaimana cara mengatasi Dubur Ayam Yang Keluar?
- Bila terlihat dubur yang keluar segera pisahkan dari ayam lain agar tidak dipatok ayam lain.
- Berikan obat amoxilin 500 mg ( 1 tablet dapat dibagikan 4 ) diberi minum pada ayam 1 hari 1/4. Wajib diberikan pada ayam setiap hari hingga sembuh.
- Berikan pakan voer 591 atau 511 yang dicampurkan dengan air. Bisa juga diberikan pakan yang lembek seperti pisang, pepaya.
- Untuk minuman sudah dipastikan tidak boleh kosong.
Mudah-mudahan dalam waktu 3-4 hari akan kembali normal. Untuk pakan voer yang dicampurkan dengan air bisa dilanjutkan hingga 2 mingguan lamanya.

Semoga artikel ini sangat berguna dan bermanfaat untuk para peternak ayam dan pe-sabung ayam di Indonesia. Sukses selalu untuk semua perternak Dari Tajiemas.com
avatar
HOKICELALU77
kopral
kopral

Jumlah posting : 17
Join date : 10.07.17

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik