Tips Memilih Indukan Ayam Bangkok Juara

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tips Memilih Indukan Ayam Bangkok Juara

Post  game2808 on Sat 24 Jun 2017, 20:31



Dalam pemilihan ayam bangkok juara hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah asal usul ayam tersebut. Turunan dari indukan ayam bangkok yang kurang berkualitas akan menyebabkan anakan juga sulit untuk dilatih.

Dalam pemilihan indukan ayam bangkok juara tidak boleh dilakukan secara sembarangan (sebaiknya tidak mengkawinkan ayam petarung yang hanya berdasarkan sering menangnya saja ), akan lebih baik jika Anda mengetahui silsilah keturunan ayam indukan tersebut.

Terdapat perbedaan dalam memilih indukan ayam bangkok betina dan ayam bangkok jantan. Berikut di bawah ada beberapa tips memilih indukan ayam bangkok betina yang baik:

  1. Kepala Seperti Kepala Ular, Jika Dilihat Dari Depan
    Indukan ayam bangkok dengan bentuk kepala seperti ini pada umumnya akan menghasilkan anakan yang memiliki pergerakan lincah dan gesit.

  2. Mata Yang Masuk Ke Dalam Dan Bersih
    Indukaan ayam bangkok betina yang mata yang masuk ke dalam artinya indukan tersebut memiliki sifat keibuan sehingga dapat merawat anaknya dengan baik dan jika matanya bersih maka indukan tersebut tidak memiliki penyakit yang serius.

  3. Kaki Kering Dengan Kaki Halus Dan Panjang
    Indukan ayam Bangkok betina yang memiliki ciri kaki ini maka dipercaya akan menghasilkan anakan ayam bangkok yang memiliki pukulan yang kuat.

  4. Tulang Sapit Udang Lebar (Tulang Di Bawah Pangkal Ekor)
    Tulang sapit atau tulang di bawah pangkal ekor yang lebar (berukuran 3-4 jari) adalah ciri-ciri dari indukan ayam bangkok betina yang akan menghasilkan anakan yang memiliki kuda–kuda yang baik.

  5. Taji/Jalu
    Ini merupakan pertimbangan yang sebetulnya tidak terlalu penting. Anda bisa menggunakan indukan ayam bangkok betina yang tidak memiliki taji/jalu sebagai indukan. Tapi akan lebih baik lagi jika taji/jalu mereka sudah tumbuh.

  6. Bulu Mengkilat
    Bulu yang bersih dan mengkilat adalah ciri-ciri luar yang menandakan indukan ayam Bangkok betina ini memiliki ketahanan fisik yang baik.

Berikut ciri-ciri ayam bangkok jantan yang baik:

  1. Kepala seperti buah pinang.

  2. Tulang kepala tebal dengan alis menjorok keluar.

  3. Tulang kepala tebal dengan alis menjorok keluar.

  4. Tulang leher rapat.

  5. Kepak sayap rapat ke badan.

  6. Paruh yang melengkung seperti paruh burung elang dan sedikit panjang.

  7. Kaki dan sisik kering.

  8. Jari kaki halus dan panjang.

  9. Tulang ekor(tulang sapit udang) rapat dan keras.

  10. Mempunyai kokok yang besar.

  11. Bulu mengkilat.

  12. Memiliki postur badan yang bulat seperti batang pinang.

  13. Memiliki tulang yang kokoh dan tegak seperti burung elang.

Usahakanlah dari anak ayam sampai dewasa pemberian pakan harus memenuhi kebutuhan ayam petarung tersebut sesuai dengan umurnya. Ayam yang terpenuhi nilai pakannya dan tidak pernah sakit merupakan modal utama untuk menjadi petarung yang tangguh dan kuat. Usia indukan ayam bankok jantan baru bisa diambil keturunannya setelah berusia 1 tahun 6 bulan atau setelah mengalami satu kali masa mabung/ganti bulu dan untuk indukan ayam bangkok betina setelah 3 kali masa bertelur. Tapi dari informasi yang kami kumpulkan semakin tua indukan ayam bangkok jantan ataupun indukan ayam bangkok betina itu semakin bagus, selagi indukan tersebut masih produktif dan masih mau kawin.

Sekian infomasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips memilih indukan ayam bangkok juara, semoga dengan artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai sabung ayam.

game2808

Jumlah posting : 2
Join date : 22.06.17

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik