Inseminasi Buatan (IB)

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Inseminasi Buatan (IB)

Post  ferry bun on Sun May 02, 2010 9:09 am

Arti Inseminasi Buatan
Inseminasi Buatan pada ayam adalah teknik mengawinkan secara buatan dengan
memasukkan sperma ayam jantan yang telah diencerkan dengan NaCl Fisiologis ke dalam saluran reproduksi ayam betina yang sedang berproduksi.

Keuntungan Inseminasi Buatan
Keuntungan lnseminasi Buatan dibandingkan perkawinan secara alami dalam pengadaan

a) Penggunaan pejantan relatif lebih sedikit (efisien).
b) Memungkinkan dilakukannya seleksi dan persilangan antar induk yang memiliki mutu
genetik unggul, sehingga dapat dihasilkan anak ayam unggul untuk tujuan tertentu.
C) Memungkinkan dilakukannya persilangan bagi ayam jantan unggul yang sulit
melakukan perkawinan secara alami.
d) Dapat menghasilkan anak ayam dalam jumlah banyak, seragam dan dengan waktu relatif
singkat.
e) Memungkinkan dilakukannya persilangan dengan ayam jenis lain.

Kerugian inseminasi buatan
Kelemahan Inseminasi butan hampir tidak ada . hanya saja diperlukan pengetahuan dan ketrampilan Inseminator.
a) . perlu tenga kerja tambahan untuk pelaksanaan penampungan semen dan inseminasi ,hal itu bukan merupakan kendala serius karena asalkan diprogramkan dengan baik ..
b) Kwalitas semen ayam cepat menurun pada kondisi alami diudara terbuka . Samapai saat ini belum ada methode Praktis untuk mengawetkan semen ayam seperti biasa yang dilakukan pada semen ternak besar, Oleh karena itu , Inseminasi tidak dapar ditunda tunda harus segera dilaksanakan setelah semen ditampung.

Pelaksanaan Inseminasi Buatan .

Pelaksanaan Inseminasi Buatan atau kawin suntik terdiri tiga tahap yaitu:
a) Pemanpungan semen .
b) Pengenceran semen .
c) Inseminasi ,

Untuk Pelaksanaan Inseminasi , perlu dipersiapkan peralatan untuk menampung Semen dan alat suntik serta Bahan pengencer semen. Alat pemanpung semen yang paling baik dan praktis berupa tabung reaksi . Bahan mudah diperoleh di toko-toko alat –alat Laboratorium atau apotik
Hindari pengunaan wadah yang besar karena menyulitkan saat memindahkan semen ke alat suntik mengingat produki semen sangat sedikit 0.3 – 1.0 ml setiap pemampungan .

Alat suntik untuk inseminasi berupa alat suntik ( spuit ) yang mudah diperoleh di apotek . laboratorium Atau poultry shop . Hanya saja perlu dilakukan pengantian selang kecil, sedikit lebih kecil dari sedotan Mimunan ( selang untuk Infus ).alat tersebut memudahkan dalam pemasukan semen kedalam alat kelamin ayam betina .

1.Penampungan Semen .

Penampungan semen dilakukan oleh dua orang , seorang memegang ayam jantan yang akan ditampung semenya dan seorang Lagi melakukan pengurutan untuk mengeluarkan semen dari alat kelamin ayam jantan . sekaligus menampunya .

1. Cara Memegang ayam jantan .
a) Pegang ayam dengan tangan kiri pada daerah sekitar paha. Kemudian ,dekap ayam diantara ketiak dan badan pemegang dengan posisi tubuh ayam menghadap kebelakang dan ekor ayam kearah depan .
b) Pegang ekor ayam dengan tangan kanan dan sigkapkan kearah atas sehingga bagian kloaka tampak jelas ..
2. Cara menampung semen .
a) Pegang ekor dengan tangan kiri dan tekan otot ekor reara atas sehingga Kloka tampak jelas. Letakan ibu jari dan telunjuk tangan kiri yang sesuai untuk memerah semen pada saat yg tepat.
b) Pegang tabung penampung dengan tangan kanan diantara jari tengah dan telunjuk . Dengan tangan kanan pula , lakukan pengurutan pada daerah ujung ekor. Tepat dibawah tulang Pubis ( tulang supit istilah kita ) dengan ibu jari dan telunjuk pengurutan dilakukan dengan cepat dan kontiniu sampai Pejantan memberikan respon dengan mengeluarkan Papilea dari kloaka . pada saat itu , ibu jari dan jari telunjuk tangan kiri dan kanan berkerja sama memerah keluar semen sampai reflek ejakulasi menghilang ... ( mantap toh kata sijago. hehehehe ).
3. Cara Pengenceran semen .
a) Produksi semen setiap pemerahan dari seekor pejantan sedikit sekitar 0.3 – 1.0 ml. Untuk keperluan inseminasi ,0,005 – 0.1 ml telah memberikan hasil yang baik . oleh karna dosis sangat sedikit , untuk memudahkan inseminasi dilakukan pengenceran semen terlebih dahulu sehingga dosisnya dapat ditingkatkan untuk memudahkan pengukuran .
b) Pengenceran dilakukan setelah semen ditampung , Bahan pengencer berupa larutan NaCl fisiologi atau Aqua bidest . Hasil yang diperoleh pada pengenceran 1 : 1 Agar campuran merata , alat penampung digoyang .jangan mengunakan alat pengaduk karena akan merusak kualitas sperma .
c) Setelah diencerkan 1:1 maka dosis semula 0.05 – 0.10 ml menjadi 0.1- 0.2 ml . Dengan demikian , semen seekor pejantan yang ditampung 0.3-1.0 ml . cukup untuk 5-10 betina .
Diudara terbuka , sperma ayam hidup dalam jangka waktu terbatas , sebaiknya ,semen digunakan sebelum lebih dari 30 menit. Setelah pemanpungan .hasil yang baik diperoleh tidak lebih dari 15 menit....setelah mantap toh ( pemampungan ).

Didalam alat kelamin betina , Sperma mampu bertahan hidup sekitar 2-3 minggu .. semakin lama , kemampuan membuahi sel betina ( ovom ) semakin menurun . hasil pembuahan yang baik ( daya tunas ) diperoleh sampai satu minggu setelah inseminasi . Oleh karena itu , inseminasi dilakukan dua kali seminggu .

Penampungan semen dari seekor pejantan dapat dilakukan setiap hari , untuk menjaga kwalitas sperma tetap baik pada setiap pemerahan , berikan pakan sesuai kebutuhan , baik kuantitas maupun Kwalitasnya . oleh karenanya dalam satu minggu , seekor pejantan menghasilkan semen untuk inseminasi 35 – 75 betina ( banyak kan . )

2, Teknis inseminasi .

Caranya sebagai berikut .
a) untuk inseminasi, diperoleh dua orang pelaksana , seperti halnya pada pada pemampungan semen . seorang memegang ayam betina dan seseorang lagi melakukan inseminasi .
b) Pegang ayam betina bagian paha dengan tangan kiri (dilakukan oleh asisiten ) . posisi ayam dengan bagian ekor menghadap kearah orang yang akan melakukan inseminasi , ibu jari tangan kanan ditempatkan diatas kloaka . dengan menekan bagian perut /abdomen dan kloka terbuka lubangnya . dan tampak dua lubang saluran , Pada bagian kiri berupa saluran telur dan sebelah kanan saluran pencernaan ( sebelah kiri ayam atau sebelah kiri inseminator )
c) Masukan alat inseminasi yang telah disiapkan oleh inseminator kelubang saluran telur dan semprotkan semen saat semen masuk , penekanan pada kloka dilonggarkan sehingga semen dapat masuk kedalam saluran telur ( asyik ....ehemmmmm)

Methode Inseminasi Buatan
Inseminasi Buatan pada ayam dapat dilakukan dengan dua metode yaitu:
1. Metode intra vaginal artinya sperma disuntikkan ke dalam vagina dengan
kedalaman ± 3 cm.
2. Metode intra uterin artinya sperma dimasukkan ke bagian uterus dengan
kedalaman ± 7-8 cm

Methode Intravaginal menghasilkan fertilitas lebih tinggi karena hampir sama dengan kawin alam . fertilitas yang dicapai sekitar 90%.

Factor –faktor yang mempengaruhi keberhasilan inseminasi sebagai berikut,

1) Sterilasi alat yang digunakan.
2) Kwalitas semen / sperma .
3) Dosis ( 100 jt sperma / inseminasi ).
4) Kondisi betina ( umur .pakan, dan lain lain )
5) Waktu inseminasi : sore hari sekitar jam 14:00 .pada saat itu . diharapkan tidak ada telur didalam saluran reproduksi ayam betina sehingga tidak ada gerakan otot kearah luar ( peneluran).
6) Ketrampilan insiminator ..
Salam : Ferry Bun

DAFTAR PUSTAKA .
Ensminger,M.E 1991, Animal Science .9th Ed The interstate printer abd Publisher inc, Denvil,illinois.
Etches, R.J 1996 Reproduction in poultry ,cab internasional .The University Press, Cambridge.


Terakhir diubah oleh ferry bun tanggal Mon May 03, 2010 7:43 am, total 1 kali diubah
avatar
ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 20.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

.........

Post  pasaribu on Sun May 02, 2010 6:38 pm

mantap bang Fery....., ditunggu info2 yg terbaru dari bang fery dan dari teman2 lainnya....sangat bermanfaat terutama bagi yg memiliki bapakan ayam yg berkualitas tapi sudah tidak bisa ereksi lagi...,hehe Embarassed Embarassed rahasia terjamin!!!
avatar
pasaribu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 193
Join date : 17.06.09
Age : 31
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  Modesto on Mon May 03, 2010 2:09 am

kayaknya cara ini praktis, efisien, dan modern......cuma gimana dengan kualitas anak anak nya nanti.......apa sebagus dengan perkawinan alami?
avatar
Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1183
Join date : 21.03.10
Age : 36
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  Administrator on Mon May 03, 2010 4:07 am

ferry bun wrote:
b)....dengan menekan bagian perut /abdomen dan kloka terbuka lubangnya . dan tampak dua lubang saluran , Pada bagian kiri berupa saluran telur dan sebelah kanan saluran pencernaan

Ayam betina menghadap ke kita (belakang). Ekor menghadap ke depan.

Lubang sebelah kiri yg dimaksud ini yg mana..??
Sebelah kiri ayam, atau sebelah kiri yg megang...??
avatar
Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6468
Join date : 14.08.08

http://papaji.forumid.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  ferry bun on Mon May 03, 2010 7:39 am

Administrator wrote:
ferry bun wrote:
b)....dengan menekan bagian perut /abdomen dan kloka terbuka lubangnya . dan tampak dua lubang saluran , Pada bagian kiri berupa saluran telur dan sebelah kanan saluran pencernaan

Ayam betina menghadap ke kita (belakang). Ekor menghadap ke depan.

Lubang sebelah kiri yg dimaksud ini yg mana..??
Sebelah kiri ayam, atau sebelah kiri yg megang...??

Terimakasih pertanyaanya . dan akan saya Ralat Postannya supaya lebih jelas.
Maksudnya demikian >>>
Mis : Pak ary sebagai iseminator ( yang melakukan perkawinan buatan ). induk ayam dipegang oleh asisten dengan ekor menghadap Pak Ary .
Saluran telur /Oviduk ayam betina sebagian besar ( umumnya ) terletak di bagian kiri ayam dan atau bagian kirinya inseminator .
salam ferry bun
avatar
ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 20.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  Administrator on Mon May 03, 2010 8:50 am

ferry bun wrote:
Administrator wrote:
ferry bun wrote:
b)....dengan menekan bagian perut /abdomen dan kloka terbuka lubangnya . dan tampak dua lubang saluran , Pada bagian kiri berupa saluran telur dan sebelah kanan saluran pencernaan

Ayam betina menghadap ke kita (belakang). Ekor menghadap ke depan.

Lubang sebelah kiri yg dimaksud ini yg mana..??
Sebelah kiri ayam, atau sebelah kiri yg megang...??

Terimakasih pertanyaanya . dan akan saya Ralat Postannya supaya lebih jelas.
Maksudnya demikian >>>
Mis : Pak ary sebagai iseminator ( yang melakukan perkawinan buatan ). induk ayam dipegang oleh asisten dengan ekor menghadap Pak Ary .
Saluran telur /Oviduk ayam betina sebagian besar ( umumnya ) terletak di bagian kiri ayam dan atau bagian kirinya inseminator .
salam ferry bun

Tengkyu bang Ferry...
Very Happy
avatar
Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6468
Join date : 14.08.08

http://papaji.forumid.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  gerimis on Tue May 04, 2010 9:56 am

Oke deh om ferry.....
avatar
gerimis
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 335
Join date : 01.02.10
Age : 35
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  Sinyo_nakano on Tue May 04, 2010 11:32 pm

Mantap bang Ferry... solusi bagi yang punya pacek berkualitas tapi kedua mata udah kejalu... Very Happy Very Happy

Sinyo_nakano
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 24.01.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  elnino.saigon on Wed May 19, 2010 11:09 pm

Sinyo_nakano wrote:Mantap bang Ferry... solusi bagi yang punya pacek berkualitas tapi kedua mata udah kejalu... Very Happy Very Happy

cocok..tul sekali, soalnya aku ada ayam yg jalu super, terakhir mata kena 22nya masih bisa menang.
avatar
elnino.saigon
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 143
Join date : 22.06.09
Age : 44
Lokasi : surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  nicky on Thu May 20, 2010 12:17 am

thx buat informasinya lumayan buat namba2 pengalaman..,nggak salah nih ngikut forum papaji.... Very Happy
avatar
nicky
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 07.05.10
Age : 28
Lokasi : Manado,Malalayang 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  la ummasa on Mon Dec 27, 2010 2:16 am

mencerahkan. prakteknya agak susah kali. harus banyak percobaan, nih.
avatar
la ummasa
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 621
Join date : 20.05.10
Lokasi : Depok

http://wn.com/laummasa

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  zin494 on Wed Dec 29, 2010 8:57 pm

pernah nyobain dulu buat nyilangin ayam hutan merah sama ayam adu, harus inseminasi buatan krn kalo dikasih babon habis tepukul dan dijalu. sayangnya ayam hutannya keburu mati kena ND, dan betinanya ga sempat betelur. Pdhl susah2 nyari ayam hutan pejantan yg udah jinak dan mental bagus. Proyek yg ga pernah kesampaian sampai skrg hehe
avatar
zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 08.07.09
Age : 35
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  Tamu on Wed Dec 29, 2010 9:37 pm

papajiers ada yg bisa bantu gak? saya butuh video cara pengeluaran sperma jago dan cara

pemasukan suntikan berisi sperma ke rahim babon.

Saya mo praktek langsung di farm saya, tp ragu soale gak ada videonya Very Happy

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  Administrator on Wed Dec 29, 2010 10:22 pm

goes babe wrote:papajiers ada yg bisa bantu gak? saya butuh video cara pengeluaran sperma jago dan cara

pemasukan suntikan berisi sperma ke rahim babon.

Saya mo praktek langsung di farm saya, tp ragu soale gak ada videonya Very Happy

Sepertinya sudah pernah dibahas mas...
Coba klik disini
avatar
Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6468
Join date : 14.08.08

http://papaji.forumid.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  LoZˇn on Sun Jan 02, 2011 5:35 am

Terlambat saya baca artikel ini . . Huft

Ayam Teman dengan Rekor fantastis 25x Win . . Tidak menurunkan satu Anakan sama sekali coz sama sekali gak mau Kawin . . Padahal saya punya babon cetak.Huft . .

PAPAJI pancen Oye . . SALUT

LoZˇn
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 10.05.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  Cebong on Mon Jan 24, 2011 8:34 pm

Nanya Nih bang Kl Mau Nyari NaCL Fisiologis Biasanya yang jual mana ya?
avatar
Cebong
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 258
Join date : 14.06.10
Age : 35
Lokasi : Alaska ( alas karet ), Ungaran Jateng

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  ferry bun on Mon Jan 24, 2011 9:35 pm

Cebong wrote:Nanya Nih bang Kl Mau Nyari NaCL Fisiologis Biasanya yang jual mana ya?
Beli diapotek juga ada ....
avatar
ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 20.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  danks on Mon Apr 25, 2011 4:09 am

Administrator wrote:
ferry bun wrote:
Administrator wrote:
ferry bun wrote:
b)....dengan menekan bagian perut /abdomen dan kloka terbuka lubangnya . dan tampak dua lubang saluran , Pada bagian kiri berupa saluran telur dan sebelah kanan saluran pencernaan

Ayam betina menghadap ke kita (belakang). Ekor menghadap ke depan.

Lubang sebelah kiri yg dimaksud ini yg mana..??
Sebelah kiri ayam, atau sebelah kiri yg megang...??

Terimakasih pertanyaanya . dan akan saya Ralat Postannya supaya lebih jelas.
Maksudnya demikian >>>
Mis : Pak ary sebagai iseminator ( yang melakukan perkawinan buatan ). induk ayam dipegang oleh asisten dengan ekor menghadap Pak Ary .
Saluran telur /Oviduk ayam betina sebagian besar ( umumnya ) terletak di bagian kiri ayam dan atau bagian kirinya inseminator .
salam ferry bun

Tengkyu bang Ferry...
Very Happy

Maaf Om Fery, saya masih bingung nich...
jadi klo posisi ayam kan lagi terlentang (perut ayam betina di atas)....
http://papaji.forumid.net/t2171-inseminasi-pada-ayam
, sbelah kiri yang dimaksud, jadi posisi sebelah kanan ya?

Mohon penjelasannya
Thanks
avatar
danks
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 736
Join date : 24.01.10
Age : 47
Lokasi : Bandung Barat

http://www.sketsabisnis.com/?id=bisnisku

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  Tamu on Fri Dec 09, 2011 6:25 am


Maaf Om Fery, saya masih bingung nich...
jadi klo posisi ayam kan lagi terlentang (perut ayam betina di atas)....
http://papaji.forumid.net/t2171-inseminasi-pada-ayam
, sbelah kiri yang dimaksud, jadi posisi sebelah kanan ya?

Mohon penjelasannya
Thanks
[/quote] Maaf mas, saya jadi tersipu sipu ngebacanya Smile Masa posisi ayam di bikin terlentang sich,,,, iich vulgar dech masnya nich Wink

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

pengen sinau...diajari ya...nuhun

Post  taufiq_85 on Sat Jul 14, 2012 4:24 am

mas saya lagi belajar penetasan ayam inseminasi...mohon diajari lewat internet...terima kasih atas videonya mau di coba dulu...kalau da kesulitan mohon di bantu ya
Rolling Eyes Rolling Eyes Rolling Eyes Rolling Eyes Rolling Eyes Rolling Eyes Rolling Eyes

taufiq_85

Jumlah posting : 1
Join date : 14.07.12
Age : 31
Lokasi : pati

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  sofyano adododo on Thu Jul 26, 2012 5:15 am

maksih infonya bang, bisa ikutan nyabo nih. saya mau nyobain semen angsa sama ayam saya, biar nanti anakannya kuat dan ngelock seperti angsa, he he he. Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing becanda bang, tapi jujur saya akan cobain ke pemacek saya yang g mau kawin siapa tahu bisa sukses. trims infonya
avatar
sofyano adododo
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1457
Join date : 07.06.12
Age : 35
Lokasi : Jember-Situbondo Jatim/ 085331205732 / pin : 2AF73137

Kembali Ke Atas Go down

Makasih ilmunya ...

Post  AgungSedayu717 on Sun Jul 29, 2012 10:01 am

ferry bun wrote:Arti Inseminasi Buatan
Inseminasi Buatan pada ayam adalah teknik mengawinkan secara buatan dengan
memasukkan sperma ayam jantan yang telah diencerkan dengan NaCl Fisiologis ke dalam saluran reproduksi ayam betina yang sedang berproduksi.

Keuntungan Inseminasi Buatan
Keuntungan lnseminasi Buatan dibandingkan perkawinan secara alami dalam pengadaan

a) Penggunaan pejantan relatif lebih sedikit (efisien).
b) Memungkinkan dilakukannya seleksi dan persilangan antar induk yang memiliki mutu
genetik unggul, sehingga dapat dihasilkan anak ayam unggul untuk tujuan tertentu.
C) Memungkinkan dilakukannya persilangan bagi ayam jantan unggul yang sulit
melakukan perkawinan secara alami.
d) Dapat menghasilkan anak ayam dalam jumlah banyak, seragam dan dengan waktu relatif
singkat.
e) Memungkinkan dilakukannya persilangan dengan ayam jenis lain.

Kerugian inseminasi buatan
Kelemahan Inseminasi butan hampir tidak ada . hanya saja diperlukan pengetahuan dan ketrampilan Inseminator.
a) . perlu tenga kerja tambahan untuk pelaksanaan penampungan semen dan inseminasi ,hal itu bukan merupakan kendala serius karena asalkan diprogramkan dengan baik ..
b) Kwalitas semen ayam cepat menurun pada kondisi alami diudara terbuka . Samapai saat ini belum ada methode Praktis untuk mengawetkan semen ayam seperti biasa yang dilakukan pada semen ternak besar, Oleh karena itu , Inseminasi tidak dapar ditunda tunda harus segera dilaksanakan setelah semen ditampung.

Pelaksanaan Inseminasi Buatan .

Pelaksanaan Inseminasi Buatan atau kawin suntik terdiri tiga tahap yaitu:
a) Pemanpungan semen .
b) Pengenceran semen .
c) Inseminasi ,

Untuk Pelaksanaan Inseminasi , perlu dipersiapkan peralatan untuk menampung Semen dan alat suntik serta Bahan pengencer semen. Alat pemanpung semen yang paling baik dan praktis berupa tabung reaksi . Bahan mudah diperoleh di toko-toko alat –alat Laboratorium atau apotik
Hindari pengunaan wadah yang besar karena menyulitkan saat memindahkan semen ke alat suntik mengingat produki semen sangat sedikit 0.3 – 1.0 ml setiap pemampungan .

Alat suntik untuk inseminasi berupa alat suntik ( spuit ) yang mudah diperoleh di apotek . laboratorium Atau poultry shop . Hanya saja perlu dilakukan pengantian selang kecil, sedikit lebih kecil dari sedotan Mimunan ( selang untuk Infus ).alat tersebut memudahkan dalam pemasukan semen kedalam alat kelamin ayam betina .

1.Penampungan Semen .

Penampungan semen dilakukan oleh dua orang , seorang memegang ayam jantan yang akan ditampung semenya dan seorang Lagi melakukan pengurutan untuk mengeluarkan semen dari alat kelamin ayam jantan . sekaligus menampunya .

1. Cara Memegang ayam jantan .
a) Pegang ayam dengan tangan kiri pada daerah sekitar paha. Kemudian ,dekap ayam diantara ketiak dan badan pemegang dengan posisi tubuh ayam menghadap kebelakang dan ekor ayam kearah depan .
b) Pegang ekor ayam dengan tangan kanan dan sigkapkan kearah atas sehingga bagian kloaka tampak jelas ..
2. Cara menampung semen .
a) Pegang ekor dengan tangan kiri dan tekan otot ekor reara atas sehingga Kloka tampak jelas. Letakan ibu jari dan telunjuk tangan kiri yang sesuai untuk memerah semen pada saat yg tepat.
b) Pegang tabung penampung dengan tangan kanan diantara jari tengah dan telunjuk . Dengan tangan kanan pula , lakukan pengurutan pada daerah ujung ekor. Tepat dibawah tulang Pubis ( tulang supit istilah kita ) dengan ibu jari dan telunjuk pengurutan dilakukan dengan cepat dan kontiniu sampai Pejantan memberikan respon dengan mengeluarkan Papilea dari kloaka . pada saat itu , ibu jari dan jari telunjuk tangan kiri dan kanan berkerja sama memerah keluar semen sampai reflek ejakulasi menghilang ... ( mantap toh kata sijago. hehehehe ).
3. Cara Pengenceran semen .
a) Produksi semen setiap pemerahan dari seekor pejantan sedikit sekitar 0.3 – 1.0 ml. Untuk keperluan inseminasi ,0,005 – 0.1 ml telah memberikan hasil yang baik . oleh karna dosis sangat sedikit , untuk memudahkan inseminasi dilakukan pengenceran semen terlebih dahulu sehingga dosisnya dapat ditingkatkan untuk memudahkan pengukuran .
b) Pengenceran dilakukan setelah semen ditampung , Bahan pengencer berupa larutan NaCl fisiologi atau Aqua bidest . Hasil yang diperoleh pada pengenceran 1 : 1 Agar campuran merata , alat penampung digoyang .jangan mengunakan alat pengaduk karena akan merusak kualitas sperma .
c) Setelah diencerkan 1:1 maka dosis semula 0.05 – 0.10 ml menjadi 0.1- 0.2 ml . Dengan demikian , semen seekor pejantan yang ditampung 0.3-1.0 ml . cukup untuk 5-10 betina .
Diudara terbuka , sperma ayam hidup dalam jangka waktu terbatas , sebaiknya ,semen digunakan sebelum lebih dari 30 menit. Setelah pemanpungan .hasil yang baik diperoleh tidak lebih dari 15 menit....setelah mantap toh ( pemampungan ).

Didalam alat kelamin betina , Sperma mampu bertahan hidup sekitar 2-3 minggu .. semakin lama , kemampuan membuahi sel betina ( ovom ) semakin menurun . hasil pembuahan yang baik ( daya tunas ) diperoleh sampai satu minggu setelah inseminasi . Oleh karena itu , inseminasi dilakukan dua kali seminggu .

Penampungan semen dari seekor pejantan dapat dilakukan setiap hari , untuk menjaga kwalitas sperma tetap baik pada setiap pemerahan , berikan pakan sesuai kebutuhan , baik kuantitas maupun Kwalitasnya . oleh karenanya dalam satu minggu , seekor pejantan menghasilkan semen untuk inseminasi 35 – 75 betina ( banyak kan . )

2, Teknis inseminasi .

Caranya sebagai berikut .
a) untuk inseminasi, diperoleh dua orang pelaksana , seperti halnya pada pada pemampungan semen . seorang memegang ayam betina dan seseorang lagi melakukan inseminasi .
b) Pegang ayam betina bagian paha dengan tangan kiri (dilakukan oleh asisiten ) . posisi ayam dengan bagian ekor menghadap kearah orang yang akan melakukan inseminasi , ibu jari tangan kanan ditempatkan diatas kloaka . dengan menekan bagian perut /abdomen dan kloka terbuka lubangnya . dan tampak dua lubang saluran , Pada bagian kiri berupa saluran telur dan sebelah kanan saluran pencernaan ( sebelah kiri ayam atau sebelah kiri inseminator )
c) Masukan alat inseminasi yang telah disiapkan oleh inseminator kelubang saluran telur dan semprotkan semen saat semen masuk , penekanan pada kloka dilonggarkan sehingga semen dapat masuk kedalam saluran telur ( asyik ....ehemmmmm)

Methode Inseminasi Buatan
Inseminasi Buatan pada ayam dapat dilakukan dengan dua metode yaitu:
1. Metode intra vaginal artinya sperma disuntikkan ke dalam vagina dengan
kedalaman ± 3 cm.
2. Metode intra uterin artinya sperma dimasukkan ke bagian uterus dengan
kedalaman ± 7-8 cm

Methode Intravaginal menghasilkan fertilitas lebih tinggi karena hampir sama dengan kawin alam . fertilitas yang dicapai sekitar 90%.

Factor –faktor yang mempengaruhi keberhasilan inseminasi sebagai berikut,

1) Sterilasi alat yang digunakan.
2) Kwalitas semen / sperma .
3) Dosis ( 100 jt sperma / inseminasi ).
4) Kondisi betina ( umur .pakan, dan lain lain )
5) Waktu inseminasi : sore hari sekitar jam 14:00 .pada saat itu . diharapkan tidak ada telur didalam saluran reproduksi ayam betina sehingga tidak ada gerakan otot kearah luar ( peneluran).
6) Ketrampilan insiminator ..
Salam : Ferry Bun

DAFTAR PUSTAKA .
Ensminger,M.E 1991, Animal Science .9th Ed The interstate printer abd Publisher inc, Denvil,illinois.
Etches, R.J 1996 Reproduction in poultry ,cab internasional .The University Press, Cambridge.
Wah ini yang namanya ilmu petrnakan modern ,walau saya terlambat dpat dari PAPAJI..
Wong saya juga baru gabung.. he..he.he..
Akan saya coba di Farm saya walau baru skala kecil2an ...he he he
Oiya..Salam kenal ya buat all members of PAPAJI..
Very Happy
avatar
AgungSedayu717
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 108
Join date : 25.07.12
Age : 44
Lokasi : Yogyakarta ,Bantul

Kembali Ke Atas Go down

Mantap gan....

Post  arawinda on Sat Oct 06, 2012 6:58 am

Mantap banget infonya...

moga bisa diterapkan dengn abik oleh kawan semua....


salam kenal bang ferry I love you
avatar
arawinda
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 18.09.12
Age : 29
Lokasi : Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  Langgeng NC on Mon Jul 01, 2013 1:49 am

Tinggal coba praktekin, kayaknya kl blm pernah aga sedikit susah jg nih
avatar
Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1312
Join date : 26.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  Susanto on Sun Jul 07, 2013 6:46 am



share tambahan referensi cara IB ayam, smoga membantu...,Smile 
avatar
Susanto
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 220
Join date : 23.03.13
Lokasi : Sragentina

Kembali Ke Atas Go down

Re: Inseminasi Buatan (IB)

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik